Curhatku : Novel Trilogi Cintaku Di Kampus Biru

Apakah ini pertama kalinya saya membicarakan buku di blog ini? Lebih tepatnya novel. Salah satu novel fenomenal di Indonesia tahun 70an karya Ashadi Siregar yakni Trilogi Cintaku Di Kampus Biru, Kugapai Cintamu dan Terminal Cinta Terakhir. Menurut saya apa yang akan saya tulis berupa curhatan saja, bukan resensi. Jadi maaf ya kalau lebay.

1. Cintaku Di Kampus Biru menceritakan seorang pria Manado bernama Anton Rorimpandey dan suka duka cinta serta kehidupannya berkuliah di Universitas Gadjah Mada, yakni Kampus Biru itu sendiri. Awalnya berpacaran dengan Marini kemudian memadu kasih bersama dosennya Ibu Yusnita dan di ending bersama Erika.

Sebagai novel pembuka, saya sangat menyukai novel ini. Sangat menghibur walaupun konfliknya juga sangat datar. Perbincangan cinta ketika Anton bersama seorang wanita bukannya menampilkan kesan Anton itu pria penggombal dengan kalimat omong kosong tapi malah terkesan elit. Suasana kampusnya juga sangat terasa meskipun hanya sekedar bacaan

2. Kugapai Cintamu
Tokoh utama novel ini bernama Faraitody Wangge yang berasal dari Flores NTT. Sahabat dekat Anton ini merupakan Ketua Panitia Mapram (Ospek) di UGM. Dia pun mempunyai hubungan spesial dengan Irawati, seorang Maba yang bersifat manja dan sangat agresif. Dilain sisi ada teman kampus yang juga panitia Mapram bernama Widuri yang menyukai Tody. Kisah ke-3nya berakhir tragis dengan kematian Tody dan Irawati.

Inilah novel yang membuat saya jadi menangis ditengah malam. Kenapa bisa awal yang adem malah berakhir dengan tragis. Kematian keduanya mungkin hukuman. Apalagi Irawati yang dengan tega menjebak Widuri agar bisa diperkosa teman-teman brengseknya. Setelah itu nasib Widuri makin menderita. Pulang kampung dalam keadaan hamil, menikah tapi tak bahagia dan ayahnya meninggal. Novel ini sedih sekali.

3. Terminal Cinta Terakhir
Widuri dengan masa lalunya yang kelam datang ke Jakarta bersama sang anak. Dia bekerja kantoran diusianya yang ke 27 tahun. Ketika akan pulang dia bertemu pandang dengan Joki Tobing, tokoh utama novel ini yang berasal dari Medan. Sering bertemu di terminal membuat keduanya saling penasaran. Joki yang pengangguran karena dipecat ketika menjadi wartawan beberapa kali dihindari oleh Widuri, yang takut menjalin hubungan lagi bersama pria akibat masa lalunya. Di Jakarta, Widuri bertemu Anton yang kini telah menikah dengan Erika.

Jika Cintaku Di Kampus Biru merupakan novel yang membuat saya tertawa, Kugapai Cintamu merupakan novel penuh kesedihan, seri terakhir trilogi ini memberikan suasana romantis yang luar biasa. Masih ingat bagaimana romantisnya ketika Joki datang menjenguk Widuri di rumah sakit sementara ada Stephen disitu, atasan di kantor yang juga menyukai Widuri. Widuri menangis kemudian Joki datang mengusap air matanya lalu mencium Widuri sembari berkata pada Stephen bahwa dia adalah tunangan Widuri. Halangan cinta keduanya juga tak kalah rumit, kesalah pahaman sana sini, sifat ke-Jawa-an Widuri yang membuatnya tidak banyak bicara, perjodohan Joki, kematian Tody anak Widuri diganjar dengan kebahagiaan keduanya. Kebahagiaan Widuri atas semua yang dideritanya. Izin pun didapatkan padahal awalnya keluarga Joki tak setuju Joki menikahi seorang janda. Romantis.

Novel paling favorit? Susah menentukannya karena ketiganya saling melengkapi. Jika dibandingkan menonton Drama Korea, membaca Novel menurutku jauh lebih sulit. Prahara datang padahal prahara yang lain belum kelar, ending novel yang jauh dari kata DETAIL membuat pikiran ini harus bekerja. Menyimpulkan ending sendiri kemudian mengkhayalkannya. Sensasi yang hebat, se-hebat trilogi novel ini.

2 pemikiran pada “Curhatku : Novel Trilogi Cintaku Di Kampus Biru

  1. wooowww postingan ini membuat saya shock, speechless
    *lagi-lagi
    Saya suka evi yg gemar baca novel, wah pantas saja ya..remaja 19 tahun tapi bahasanya good bgt😀
    Kalo saya suka banget sama tetralogi Pramodya Ananta Toer, udah baca vi? Seri pertama Bumi Manusia yg fenomenal itu ^^
    Ternyata novel2 Indonesia ga kalah keren dari novel luar ya..sejak jaman dulu aja udah punya banyak novel2 berkualitas
    Bolehlah saya request novel2 favorit versi evi.. :p hahahaha

    1. Hehehe makasih. Tapi kenapa saya diingatkan lagi sama novelnya om Pram? Sudah lama sekali mau baca novel itu cuma belum rejeki saya bisa punya novelnya. Daftar Novel favorit? Gak ah novel yang saya baca gak banyak:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s