Cinta Pertama (1973)

LET’S TALK ABOUT LOVE. Hahahahahahaha~~~

Sinopsis :
Ade (Christine Hakim), Irma (Ully Artha), Herman (Soultan Saladin) dkk, jumpa dengan Bastian (Slamet Rahardjo) di kereta yang membawa mereka ke Jakarta. Bastian bermaksud memenuhi panggilan lamaran kerjanya, sedang Ade dkk pulang dari bepergian. Ternyata Bastian bekerja pada kantor ayah Ade, Sunarya (Kusno Sudjarwadi). Tumbuhlah cinta di antara mereka. Dua halangan muncul. Pertama, Johny (N. Riantiarno), anak Suyudi (Aedy Moward), rekan Sunarya, baru pulang dari Jerman dan diharap jadi menantu oleh Ny. Sunarya. Johny ini terpesona oleh kecantikan Ade, dan berusaha keras mendekat, tapi Ade selalu menolak, bahkan ketika lamaran resmi datang. Kedua, ke kantor Sunarya datang seseorang yang mengaku bekas mertua Bastian. Dibeberkannya bahwa Bastian membunuh Siska (Norma Muchsin), anaknya dan untuk itu dipenjara empat tahun. Sunarya dan istri yang sudah merasa cocok dengan Bastian berbalik sikap. Mendengar berita itu, Ade lalu bersikap pasrah, apalagi Bastian menghilang hanya dengan meninggalkan sepucuk surat. Ia kembali menekuni pekerjaan bertani bunga membantu orangtua angkatnya, Suhada (Alam Surawidjaja). Pada waktu mengirim bunga ke Jakarta, kebetulan ia jumpa lagi dengan Ade dan calon suaminya Johny. Maka meradanglah Bastian. Ia tidak rela Ade dikawini Johny. Kepada Herman yang ditolongnya waktu terpaksa kawin karena Irma hamil, Bastian menceritakan kejadian saat istrinya terbunuh olehnya secara tak sengaja. Dan biang keladinya adalah Johny yang ingin menyetubuhi Siska. Irma diminta memberikan suratnya pada Ade. Maka larilah mereka berempat menjelang hari pernikahan Ade-Johny. Mendengar berita larinya Ade, Johny mengambil pistol kawannya dan mengejar Bastian, yang ternyata langsung ke penghulu dan kawin. Terjadilah perkelahian yang menewaskan Herman dan Johny.
(sumber : filmindonesia.or.id)

Film yang sangat romantis. Indah dan tak terkesan lebay konfliknya. Ceritanya sendiri ditulis sama Teguh Karya bukan ambil dari novel. Sejak pertemuan di kereta yang tatap-tatapan malu sudah memperlihatkan betapa manisnya mereka berdua. Ade yang innocent jatuh cinta kepada Bastian, pria yang ternyata duda dengan masa lalu kelam karena membunuh istrinya tanpa sengaja. Ade hanya pasrah menerima kenyataan nasib pasangannya tanpa harus ikut membenci Bastian. Suka banget. Orang tua Ade walaupun sempat melarang Ade berhubungan dengan Bastian juga tidak sekejam yang ada di sinetron. Konflik yang cukup membuat bingung akan ending film ini tetap saja menjadikan Cinta Pertama tontonan yang ringan.
Adegan-adegan romantisnya juga bikin saya senyum-senyum sendiri. Apalagi waktu Bastian ngebisikin Ade “Aku cinta kau”, AWWWW Slamet Rahardjo waktu muda kenapa ganteng begini?? *guling di lantai*

Chemistry Slamet Rahardjo dan Christine Hakim betul-betul indah. Tak disangka keduanya bisa seperti ini dan keduanya tampan juga cantik waktu muda dulu. Akting Slamet Rahardjo keren sekali. Ekspresinya tidak kaku. Ramah didepan wanita yang dia cintai, tegas jika berhadapan dengan Johnny. Film ini juga jadi film debut Christine Hakim. Dengan dada yang rata plus badan kurus kabarnya hampir membuat Christine Hakim tak terpilih membintangi film ini. Padahal katanya juga waktu itu lagi era nya Twiggy, model yang badannya ceking juga. Hehehe Teguh Karya menunjuk langsung Christine dan penampilan beliau sama sekali tidak mengecewakan. Akting Innocent nya itu loh, suka banget. Dan suara Christine Hakim merdu sekali untuk ukuran aktris jadul yang punya suara melengking.

Saya makin jatuh cinta dengan Teguh Karya. Beliau ah… Beliau membuat film yang tak ketinggalan jaman jika ditonton kapanpun. Suka juga waktu adegan Bastian bercinta dengan istrinya, ruangan gelap dengan cahaya yang hanya datang dari lubang jendela. Sutradara Teguh Karya memang jenius, perfeksionis.

Tahun ini, Cinta Pertama akan memasuki usia 41 tahun, seumur dengan Takeshi Kaneshiro. Rating film ini di IMDB sampai 8.8% . Hebat sekali ^_^ . Kalau mau nonton film percintaan Indonesia yang tidak lebay, ini recomended deh.

2 pemikiran pada “Cinta Pertama (1973)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s