Film Korea : I Saw The Devil (2010)

Gue Ngelihat Setan

“Balas dendam itu hanya ada di film”

Akhirnya saya sudah bisa lega karena telah menyaksikan film fenomenal ini. Okelah, saya akui ditengah kengerian yang terjadi dalam film ini saya masih bisa meneteskan air mata. Lah kok bisa?

Adalah Kim Soo Hyun (nama lintas gender yang merupakan nama tokoh yang diperankan Lee Byung Hun), agen rahasia yang berubah menjadi monster karena psikopat bernama Jang Kyung Chul (Oldboy kita Choi Min Sik) telah memutilasi tunangannya yang sedang hamil. Soo Hyun kini bagaikan kucing drakula (?), meninggalkan rutinitasnya dan menjadi sesosok monster yang haus akan darah. Soo Hyun pun bagaikan kucing yang tangkap-siksa-lepas mangsanya. Cukup mudah saja Soo Hyun mendapatkan pembunuh tunangannya tapi dia yang kala itu tidak lebih bersifat psikopat seperti Kyung Chul juga suka bermain-main pada Kyung Chul, seperti cerita orang tua kita tentang neraka. Masuk neraka, disiksa, dipulihkan kembali, disiksa dan seterusnya. Inilah manusia, inilah mengapa cinta itu sesuatu yang agung karena efeknya bisa kemana saja.
DAEBAK!!!

Korea memang paling jago bikin film seperti ini, film balas dendam. I Saw The Devil mempunyai durasi 2 jam 22 menit, seperti durasi film India pada umumnya. Dan ternyata bukan hanya saya yang lupa waktu ketika menyaksikan I Saw The Devil, 2 jam lebih terduduk dengan berbagai posisi yang berubah semuanya tak terasa. Ingat, ciri-ciri film bagus adalah saat kita lupa waktu ketika menontonnya dan I Saw The Devil sangat sukses untuk hal itu. Padahal I Saw The Devil juga bukan film yang nyaman untuk ditonton karena berbagai macam kengerian yang ditampilkan, apalagi untuk perempuan. Tak terhitung berapa kali saya kaget melihat beberapa adegan ketika menonton.

I Saw The Devil mempunyai ide yang sederhana. Tidak ada yang mengejutkan dengan alurnya, tidak ada twist ending yang bisa bikin saya jungkir balik. Tetapi keterlibatan keluarga Kyung Chul dalam ending cerita itu merupakan sesuatu yang sangat jenius, Daebak Kim Jee Woon.
Akting pemain keren. Lee Byung Hun, pria jenius yang jaim karena menyanyikan lagu untuk tunangannya di toilet berubah menjadi monster yang suka menyiksa pembunuh sang tunangan. Sesak dalam dirinya itulah yang membuat saya jadi menangis. Tidak seperti biasanya saya menonton film gore tapi sempat-sempatnya menangis. Kalau Choi Min Sik, ah oldboy kita ini jangan tanya. Sepanjang film saya suka nyeletuk “I LOVE YOU CHOI MIN SIK” ketika tiba adegan sadis psikopat beliau. Supaya saya bisa tenang mungkin, karena berbagai ekspresi Choi Min Sik sangatlah menyeramkan. Yang tua yang hebat, berlaku untuk Choi Min Sik.

Ketika menonton, saya pribadi merasakan Soo Hyun dengan segala kekejamannya masih bisa disebut protagonis. Dibutuhkan kriminal untuk menangkap kriminal, dibutuhkan monster untuk membunuh monster. Tapi apakah pantas Soo Hyun melakukan semua kengerian itu? Balik lagi ke masalah perasaan. Huh, hati saya terombang-ambing, bingung karena keabu-abuan para karakternya.
Mencoba melupakan itu, saya jadi ingin bercerita tentang adegan I Saw The Devil yang sangat sukses membuat saya tertawa. Ketika Soo Hyun datang menyiksa salah satu yang dari 4 yang diduga sebagai pembunuh tunangannya. Si pria sedang asik masturbasi dengan menonton film mesum. Belum selesai, Soo Hyun mencabut kabel komputernya dan to the point Soo Hyun melumpuhkan si pria itu dengan mencekiknya memakai kabel komputer. Dengan mulut disumpal dan diikat ke kursi, sang “korban” pun bergumam jujur bahwa dia bukan psikopat itu. Soo Hyun mengerti lalu beranjak pergi, kemudian kembali lagi membawa palu dan menghantamkan palunya ke kemaluan si pria dua kali dan di zoom dengan sangat jelas pula. HAHAHAHAHA bahkan polisi yang bersama korban dirumah sakit juga ikut tertawa. HAHAHAHAHAHAHAHA pantas banyak lelaki dalam review mereka mengaku sangat ngilu menyaksikan I Saw The Devil.

Tinggalkan Balasan

