Film Korea : Memories of Murder (2003)

https://natsirjeremias.files.wordpress.com/2014/05/memories-of-murder.jpg

Film Korea yang menambah jajaran daftar bahwa film korea itu keren. Jika kalian mengaku pencinta genre thriller jangan sampai melewatkan film Korea karena Korea punya puluhan film thriller keren. Memories of Murder salah satunya.

Pada tahun 1986 di Gyeonggi terjadi terror pembunuhan banyak perempuan yang hingga kini di Korea belum ketahuan siapa pelakunya. Detektif Park Doo Man yang bersama kawannya berusaha mencari siapa pelaku terror itu. Tiap menangkap orang keduanya selalu salah yang berujung Doo Man dan kawannya menyiksa pelaku salah tangkap tersebut bahkan sudah menjadi rahasia umum jika staff kepolisian Gyunggi kerap menyiksa orang-orang. Ditengah kemelut tersebut muncullah Park Tae Yoon si Detektif dari Seoul yang juga diutus mencari si pembunuh. Dibandingkan Doo Man yang kasar, Tae Yoon menyelidiki kasus ini dengan berpikir logis. Berbagai pelaku ternyata salah tangkap dan pembunuhan terus terjadi. Endingnya sudah saya sebutkan diatas.

Memories of Murder memperlihatkanku bagaimana gaya film khas Bong Joon Ho. Tidak heran jika saya seperti menonton Mother lagi padahal saya tengah menonton Memories of Murder. Seperti pada posternya Memories of Murder menawarkan bromance antara Detektif Doo Man dan Tae Yoon. Semenjak ada Tae Yoon yang suka berpikir kebiasaan kasar Doo Man mulai menghilang. Begitu juga dengan Tae Yoon yang suka berpikir perlahan sering memainkan tinjunya seiring kebersamaan dengan Doo Man dan detektif temannya itu (lupa namanya) saking gregetnya akan si pelaku yang tak kunjung tertangkap. Tapi kasihan sama teman detektif Doo Man, kakinya diamputasi karena tetanus. Saking jadulnya pengobatan kala itu? Hufht. Endingnya benar-benar Bong Joon Ho sekali, saya suka. Mungkin Bong Joon Ho memberitahu lewat klu tersirat siapa pelaku sebenarnya.

Yang menonton drama Gapdong siapa? Pasti pada tahu kan kalau penjahat drama Gapdong merupakan orang yang juga jadi penjahat di film ini? Iyap. Diperlihatkan oleh Gapdong dan Memories Of Murder bagaimana ciri-ciri pelaku membunuh korbannya; celana dalam di kepala korban, motif ikatan rumit dan sperma di tempat kejadian. Bahkan ada juga wanita yang lolos dari pembunuhan. Di film wanita itu jadi luar biasa terguncang jiwanya dan yang di drama ada Oh Maria yang menjadi dokter ganda kepribadian. Inilah kenapa saya agak ragu menonton Gapdong, saya sih yakin SW nim Gapdong pasti akan mengungkap siapa pelaku pembunuhan itu tapi saya takut tak akan seperti ekspektasi saya. Mengingat rasa frustasi Detektif Doo Man, Tae Yoon juga Moo Yeom saya pikir akan sangat tega (kepada saya) jika SW nim Gapdong juga memilih jalan yang sama dengan Bong Joon Ho lewat Memories of Murder nya.

2 pemikiran pada “Film Korea : Memories of Murder (2003)

Tinggalkan Balasan

