Curhatku : Sign (2011)

Saat mencurhatkan drama Korea Three Days, saya masih beranggapan bahwa drama itu masih belum bisa menandingi drama Korea Sign. Berhubung Dira penasaran dengan drama satu ini saya jadi ingin mencurhatkannya.

Drama Korea Sign sendiri yang berjumlah 20 episode menceritakan tentang Dokter Yoon Ji Hoon, dokter galak tetapi aslinya orang baik. Dia bekerja di NFS yang merupakan lembaga forensik di Korea Selatan tetapi seringkali staff NFS tidak membeberkan fakta asli mengenai kematian mayat yang mereka otopsi membuat Dr. Yoon gerah. Campur tangan para petinggi lewat Dokter Lee Myung Han membuat NFS jadi sering digosipkan masyarakat karena diduga merekayasa hasil otopsi. Dr. Yoon yang tidak sejalan dengan Myung Han mengambil mayat vokalis boygrup VOICE Seo Yoon Hyung yang akan diotopsi Myung Han. Tanpa sengaja Da Kyung turut “bersama” Dr. Yoon mengambil mayat itu. Menurut otopsi Dr. Yoon si vokalis meninggal karena dicekik seseorang menggunakan sesuatu yang berserat berada di tenggorokan Yoon Hyung. Sementara menurut Dr. Lee Myung Han si vokalis mati karena keracunan sianida yang membawa masalah ke paru-parunya yang sakit. Dr. Yoon benar otopsinya dan si pelaku adalah anak dari bakal calon presiden di Korea Selatan (anaknya ini perempuan jadi jengkel banget, serius saya mau nampar dia :p ). Demi NFS, Myung Han membantu si calon presiden agar anaknya tak tertangkap dengan membantas hasil otopsi Dr. Yoon.

Kasus inilah yang menjadi permasalahan utama dari drama Sign. Bukan kasus yang rumit hanya saja kekuasaan Capres Kang membuat alot kasus ini sehingga butuh pengorbanan sangat besar untuk membuktikan bahwa si anak Capres lah pelakunya. Bersama kasus-kasus pendamping yang turut mengisi 20 episode dari Sign, Dr. Yoon berpartner dengan Dr. Go Da Kyung memecahkannya. Suka duka mereka alami dan sangat seru sekali. Ada juga Jaksa Jung Woo Jin dan Choi Yi Han dari kepolisian turut membantu. Myung Han yang tidak sepaham dengan Ji Hoon menjadi Direktur NFS. Sinopsis yang saya buat jelek ya :p

Saya kembali mengikuti Drama Korea pada akhir tahun 2009 (BBF era) dan pada awal tahun 2011 saya pun masih update K-drama. Bisa dibilang baru pada tahun 2011 lah pandangan saya terhadap kdrama mulai berubah dan itu semua lewat Sign. Selama ini saya hanya tahu drama korea romcom dan ternyata ada juga Kdrama bergenre kriminal otopsi macam Sign. Sign lah drama Korea pertama SW nim Kim Eun Hee yang saya tonton dan saya langsung kagum terlebih lagi ketika saya tahu Kim Eun Hee itu adalah perempuan, wow. Berbicara soal Kim Eun Hee yang mengingatkan saya pada sosok penulis novel crime Agatha Christie, pada episode 11 hingga 20 Kim Eun Hee dibantu suaminya yang semula duduk dibangku sutradara untuk turut menulis cerita Sign. Wow tidak sia-sia, cerita Sign makin lama makin menggemaskan serta ratingnya pun makin bagus mengalahkan Kdrama My Princess.

Sign mengingatkan saya pada No Mercy. Sama-sama mengambil tema sisi gelap dari meja otopsi dimana ketika para Dokter dengan berbagai alasan tidak mengungkapkan fakta mayat yang sebenarnya. Myung Han melakukan itu semua demi NFS, dengan harapan jika Capres Kang lolos jadi Presiden si Capres akan memperhatikan NFS dan memberi dana agar lembaga otopsi ini bisa berjaya. Dr. Yoon yang menjunjung tinggi kebenaran lewat pengorbanan besarnya di akhir cerita menyadarkan Myung Han. Ending yang tragis tapi memuaskan membuat Sign menjadikan perkenalan saya dengan Kim Eun Hee menjadi indah, berlanjut pada Ghost dan Three Days yang sejujurnya masih belum bisa mengalahkan Sign karena Kim Eun Hee menyediakan paket KOMPLIT di Sign. Pokoknya rugi kalau tidak menonton Sign. Bukan tontonan yang berat kok dan tidak gelap-gelap amat. Meski bertema crime tapi unsur dramanya masih kental sekali, tidak realistis jadi masih bisa bikin menangis.

Sign merupakan drama crime yang bisa romantis, romantis banget malah. Porsi cintanya tidak berlebihan. Chemistry Da Kyung dan Ji Hoon untuk ukuran drama tegang sudah keren banget, terlebih lagi Woo Jin dan Yi Han yang sweet macam Bo Na dan Chan Young HEIRS. Casting yang sempurna. Kim Ah Joong, Uhm Ji Won, Jung Gyu Woon (Woo Jin God’s Gift) serta Jun Kwang Ryul appa yang sedang saya bayangkan sebagai Presiden Lee Dong Hwi 3Days. Ada Kim Sung Oh juga si penghantam palu segi 8 dan Jang Hyun Sung ajusshi sebagai jaksa Capres Kang, penjahat lagi kayak di 3Days #duh. Sebelum ada Lee Sun Gyun, pria cool pemarah adalah Park Shin Yang. Sebelum ada Uhm Ki Joon, pria ganteng berkacamata adalah Park Shin Yang. Ajusshi Park keren banget, kembali dejavu ketika saya kesengsem dengan beliau di drama Lovers In Paris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s