BEAST dan Tradisi Rilis Lagu Ballad

Rasanya sudah lama saya tidak bilang Annyeong Haseyo~~. Jadi Annyeong Haseyo para pembaca semuanya. Sebentar lagi Ramadan loh *cuma basa basi guys*. Ok langsung saja ya.

Karir BEAST pada 2010 yang cukup lancar membuat Beast menjadi salah satu group yang patut ditunggu karya-karyanya. Pada tahun 2011, dirilislah full album pertama bertajuk “Fiction and Fact” dan dari sinilah tradisi itu dimulai. Sebelum rilis Fiction and Fact, CUBE mengeluarkan track ballad terbaik mereka sampai saat ini yakni On Rainy Days. Lagu On Rainy Days yang dimotori Shinsadong Tiger sempat mendapat protes karena lirik lagunya tetapi tidak mempengaruhi peringkat mereka di chart musik yang meraih posisi 1 bahkan sempat juga memenangkan acara musik televisi. Keren kan padahal ini hanya lagu ballad saja belum keluar bersama album. Tradisi yang kemungkinan inovasi baru Beast ini kemudian berlanjut pada tahun 2012 dimana mini album ke-5 bertajuk Midnight Sun akan segera dikeluarkan. Lagu Midnight dipilih dan Midnight pun turut mengulang kesuksesan sebelumnya. Tahun 2013 yang dimana Beast murni tidak bekerja dengan Shinsadong Tiger lagi ada 2 lagu ballad dirilis, Will You Be Allright? lanjut I’m Sorry. Will You Be Allright? yang merupakan hasil kerjasama Junhyung dengan Tae Joo berhasil meraih posisi 1 di Inkigayo. Sementara untuk I’m Sorry kurang sesukses track Will You Be Allright yang memang rilis lebih dulu. Nah 2014 sekarang, lagu ballad itu berjudul No More dari mini album Good Luck dan sukses memperoleh peringkat 1 acara Music Core.

Merilis lagu ballad sebelum sebuah album rilis menurut saya merupakan promosi bagus, Idola senang sementara Fans bahagia. Lagu ballad bernuansa sedih dan mendayu-dayu akan lebih mudah menaklukkan hati pendengar tanpa harus memberikan spoiler secara gamblang bagaimana sih album tersebut sebenarnya agar kita baik fans maupun bukan fans tetap mendapat kejutan jika albumnya telah rilis. Untuk urusan seperti ini menurut saya lagu ballad Midnight lah yang paling berhasil. Midnight masih tetap terdengar sedih meski beatnya cepat dan siapa sangka lagu utama dari album tempat Midnight berada itu merupakan lagu yang sangat ceria yakni Beautiful Night. Sama-sama mengambil tema NIGHT tapi Midnight dan Beautiful Night punya rasa yang berbeda, yang satu mengambil Night dari sisi sedih serta satu lagi mengambil Night dari sisi berisik penuh gemerlap lampu.

Diantara
On Rainy Days
Midnight
Will You Be Allright?, I’m Sorry
No More
Saya paling menyukai On Rainy Days. On Rainy Days merupakan lagu ballad sempurna, saking sempurna suara batuk Junhyung yang entah disengaja atau tidak jadi kedengaran merdu. Pengakuan member Beast yakni mereka menangis ketika rekaman On Rainy Days makin menambah rasa sakral lagu ini, membuatnya istimewa untuk semua pendengar yang bahkan bukan B2UTY. On Rainy Days masih kuat sekali pengaruhnya dibandingkan ballad lain, itulah kenapa saya masih memilih On Rainy Days.
Sesempurna apapun lagu On Rainy Days itu tetap ada sisi negatif. Saking terbiusnya saya pun tidak peduli pada lagu utama Fiction. Hehe tradisi ini memang memberikan kita penilaian baru bahwa lagu ballad pre-realese justru menjadikan lagu utama yang sebenarnya tidak menarik. Hohoho nasib selera, tanggung sendiri.

4 pemikiran pada “BEAST dan Tradisi Rilis Lagu Ballad

  1. dira

    wkwkwk dulu gara-gara evi nyebut lagu itu paling sedih, saya jadi download dan memang masuk selera sih…
    tapi ndengernya berulang kali bikin saya tambah melo hahaha walhasil biarlah lagu itu tidak saya putar berulang kali😛
    lagipula gara-gara selera saya itu saya lebih suka ndenger lagu melonya penyanyi cewek daripada penyanyi cowok ^^
    SO THANK YOU FOR EVI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s