Curhatku : Girlband Korea Mamamoo


ki-ka : Whasa, Wheein, Solar dan Moonbyul

Dibandingkan para Boyband dan Girlband Korea senior saya justru lebih menantikan group rookie untuk memulai debut mereka di industri musik fenomenal ini. Kenapa? Karena saya merasa 2011 lah terakhir kalinya para group senior mengeluarkan lagu layak dengar. Pada 2012 para group senior mulai tidak asyik lagi lagu-lagunya dan entah kenapa keburukan itu bertahan hingga kini. Memang tidak semua tapi hal ini cukup membuat saya jengah juga makanya saya lebih menanti lagu debut dari group rookie yang sebagian besar layak dengar.

Apa mungkin kurangnya ketelitian saya jadi merasa semenjak kehadiran Spica jadi ada beberapa girlgroup yang debut dengan kemampuan vokal mumpuni. Sebut saja pada 2013 ada Ladies Code, gadis-gadis muda yang cantik jelita. Awal 2014 girlband Kiss&Cry memulai debut dan K-popers Internasional lalu membanding-bandingkan kualitas vokal Kiss&Cry dengan Spica. Sampai baru-baru ini satu lagi girlgroup dengan kemampuan vokal keren memulai debut bernama MAMAMOO. Oh sebelumnya saya pribadi sudah tahu Mamamoo lewat unofficial debut mereka bersama Bumkey lewat lagu Don’t Be Happy. Gembira akhirnya mereka debut resmi juga dengan mini album berjudul Hello yang punya lagu andalan berjudul Mr. Ambiguous. Katanya member Mamamoo ini trainee bersama member S4 & S.O.S, Boyband Girlband Kinpop ituloh. Keren ya.

Saya suka banget dengan lagu debut Mamamoo, terbukti jika mereka memang rookie yang patut ditunggu. Lagunya agak retro dengan jazz, asyik banget deh musiknya. Bagian rap dan vokal juga seimbang, saling melengkapi sama-sama asyik. Music Video Mr. Ambiguous menampilkan cameo seperti Bumkey, Jung Joon Young, Jonghyun CN BLUE, K Will, Wheesung, Baek Ji Young dll. Alurnya 4 member Mamamoo tengah melakukan syuting Video Klip Mr. Ambiguous. Yang menarik ketika Baek Ji Young datang ke lokasi syuting, sebagai senior dia malah mengkritik Mamamoo membuat 4 membernya panik. Eh taunya Baek Ji Young ngerjain Mamamoo, Mamamoo lega tapi tetap lemas gara-gara kejahilan seniornya. Hehehe.


Moonbyul, Rapper Mamamoo

Secara penampilan, Mamamoo sendiri sangat menipu saya. Sama seperti ketika mengira Spica anak-anak muda padahal mereka tua dan saya mengira Mamamoo sudah berusia matang padahal aslinya member Mamamoo kelahiran mulai tahun 1991 sampai 1995 menurut profil Mamamoo yang saya temukan disebuah blog. Saya pun sempat berpikir jika Solar (untung bukan Ben-Sin) berposisi sebagai maknae dan Whasa lah member tertua tapi ternyata terbalik karena Solar lah member tertua (sekaligus leader) dan Whasa yang tampil bertopi besar itu maknae Mamamoo. Masih susah percaya lebih tepatnya tidak bisa dipercaya.
Member Mamamoo favorit saya? Rapper Moonbyul. Kalau Mamamoo tampil distage, dialah yang gayanya paling saya sukai dan saya pun kagum dengan kemampuan rapnya. Haha lagi-lagi saya suka dengan rapper. Moonbyul ini yang tertua kedua di Mamamoo loh.

Soal penampilan panggung? Namanya saja sudah di trainee tentu mereka tidak terlalu canggung lagi. Dance mereka yang waktu buka kaki (kayak iklan Tori Tori) merupakan part dance Mr. Ambiguous favorit saya. Cincin kumis jadi identik dengan Mamamoo.
Sebagai rookie penampilan Mamamoo sangatlah sederhana. Rambut 4 membernya tidak seperti rambut idol Kpop pada umumnya yang bukan model rambut sehari-hari. Rambut member Mamamoo sangat sederhana terutama Moonbyul yang dibiarkan hitam lurus dengan poni. Sama seperti rambut, baju pun juga dibuat sederhana. Mini dress polos tanpa corak yang diatas lutut dan ada juga mini dress serta jas belang-belang hitam putih, pink putih dll. Tampaknya WA Entertainment tidak mengeluarkan banyak dana untuk debut Mamamoo tapi justru tampilan sederhana Mamamoo membawa hoki tersendiri yang bisa dilihat fans mereka terus bertambah. Baguslah karena penampilan bukanlah lagi jaminan agar penonton bisa memperhatikan penyanyi baru.

Saya suka dengan Mamamoo semoga lagu-lagu mereka selanjutnya masih easy listening. Membandingkan Mamamoo dengan Spica? Oh tidak karena saya fans garis keras Spica, biarlah kpopers lain saja yang membandingkan 2 group talented ini. Tapi membandingkan dalam hal baik loh. Sukses untuk Mamamoo!!!!!

14 pemikiran pada “Curhatku : Girlband Korea Mamamoo

  1. dira

    ho, thanks a lot buat reviewnya vi haha
    suka banget akhirnya dapet referensi rookie group ^^
    sip, masuk list
    semoga selera kita emang sama untuk lagu ini
    tapi setuju banget kalo lagu grup senior (entah kenapa beast ga masuk itungan) jadi mulai saya sampingkan akhir-akhir ini
    hem, sengaja dibikin gitu atau ga sengaja pokoknya saya harap lagu mereka kembali seperti dulu bisa ga ya? *ngarep mode on

  2. Yapp itu dia Beast ga masuk hitungan, hihi syukur deh. Sudah ga terkira lagi berapa boygrup girlgrup senior comeback dgn lagu monoton. Mentang-mentang sudah byk fans jadi kualitas lagu pun di no.2 kan😦

      1. Saya malah kurang sreg sama Mr. Chu. Eh sampai lupa bilang kalau Mamamoo ngisi OST Marriage Not Dating, sudah dengar lagunya??

      2. dira

        IYA???
        kayaknya belum vi, tapi gatau lagi sih…
        dira belum update episode baru soalnya😛
        btw, GOMAWO VI😄
        meski kita ngikutin drama yang beda evi tetep perhatian nih^^

      3. dira

        haha emang mrut evi sendiri, suka ga?^^
        ga mau mosting vi? biar nanti tentang dramanya bisa dira ceritain kalo evi mau LOL #modus

  3. Park-sshi

    Huah fans Spica ya? Kita sama *abaikan ini. Mamamoo girlgroup rookie yg harus diperhitungkan /? ‘^’ baru debut udah masuk top 10 m countdown. Mereka juga konsepnya gak seksi kayak kebanyakan girlgroup sekarang. Keren *0* . Aku juga ngira Whasa yg paling tua dan Solar magnae ternyata terbalik –‘ moonbyul rapp nya emang keren, gayanya juga boyish gitu /? *abaikan komentar ini

  4. Aku awal liat mamamoo pappermint chocolate dan langsung suka karena konsep mreka beda dr grup lain yg kbanyakan sexy, keren menurutku dg musik retro+jazz nya mreka krena gue jg suka retro dr BtoB WOW
    Tapi aku mulai jadi fans mreka waktu liat Minhyuk fto sama Moonbyul haha kaya orang kembar dan waktu nnton piano man gue langsung keinget SPICA emang 22nya gak bs dibanding2kan tp 22nya keren
    Selera kmu hampir sm kaya aku SPICA, Ladies Code, Mamamoo, beast apink weeh tp gue lbh ke melody hehe
    Gue jg suka moonbyul selain mukanya yg mirip minhyuk rap nya dia jg kaya Minhyuk BtoB versi cewek tp terlepas dr kemiripan moonbyul sm minhyuk gue suka mamamoo krena kualitas mreka dan gak mainstream

    Haha jd cerita panjang lebar gini, salam kenal yah

  5. betul itu wahh kli ini aku baru setuju sm blig ini.. skrg dunia kpop tuh yg gb atau bb vocal nya nagus jarang ya.. rata rata mah muka sm badan doang yg jadi juara.. kebetulan aku juga suka spica dari dulu tahun 2013 dan spica itu member nya udah training kemana mana ya jadi ga heran kalo mereka keren. soal mamamoo aku baru suka mereka pas denger lagu ahh oop dan gb kpop yg punya lagu genre kaya gitu kan jarang ya.. lagunya enak bener kualitas vocal nya juga kalo dibandingin gb senior ga kalah kok.. udah gitu mamamoo juga gak modal tampang sm badan doang.. 👍👍

Tinggalkan Balasan

