Film Korea : Welcome To Dongmakgol (2005)

Dongmakgol merupakan desa terpencil dekat gunung (kayaknya itu wilayah Korea Utara) yang penduduknya sangat idaman saya sekali . Masyarakat Dongmakgol sebagian besar merupakan petani sehingga mereka lebih memakan sayur-sayuran daripada daging. Warga Dongmakgol yang tidak tahu hal modern hidup dengan tenang dan damai tanpa tahu jika diluar sana Korea Utara dan Korea Selatan tengah berperang. Pilot dari Amerika jatuh dari pesawat dan warga Dongmakgol menyelamatkan dirinya. Datang lagi 2 tentara Korea Selatan dan 3 lagi tentara Korea Utara yang bermusuhan. Tanpa sengaja, granat menghancurkan ruang penyimpanan makanan untuk musim dingin warga Dongmakgol membuat para tentara yang sebenarnya bermusuhan saling bahu membahu melengkapi persediaan makanan. Suasana Dongmakgol mendamaikan para tentara itu.

Welcome To Dongmakgol (WTD) merupakan film yang bersetting peperangan antara Korut, Korsel beserta para sekutunya. Meskipun para pemeran utama WTD merupakan tentara tapi WTD termasuk film anti perang. Jadi WTD sangat pas untuk kalian yang tidak suka film peperangan, toh adegan perang WTD hanya ada di adegan awal dan akhir film.
WTD menunjukkan kita betapa peperangan itu sangat membawa sengsara terutama bagi para tentara yang terjun langsung atas negara mereka. Apalagi perang ini dialami satu negara yang terpecah jadi 2 yakni Korea. Tidakkah 2 wilayah ini menginginkan perdamaian? Itu pasti dan contoh kecilnya ditunjukkan oleh para tentara Korut Korsel ini dimana keduanya jadi saling sangat menyayangi saat menetap di Dongmakgol. Ditambah pilot dari Amerika makin mewarnai hari-hari di Dongmakgol jadi semakin indah.

Welcome To Dongmakgol bukan hanya film yang membuat saya puas dengan ceritanya tapi juga film yang membuat saya bahagia. Sekali lagi SAYA BAHAGIA. Meski endingnya sedih tapi SAYA TETAP BAHAGIA sebahagia senyum 3 tentara Dongmakgol yang dijatuhi puluhan rudal. Semangat warga Dongmakgol tidak hanya merasuki para tentara tersebut namun juga penonton ikut merasakannya. Saya termasuk peminat film peperangan dan Welcome To Dongmakgol memberikan sensasi berbeda tidak seperti ketika saya menonton film perang lain. Kita ikut tertawa dan kita dibuat benar-benar bahagia. Yang kurang dari Dongmakgol bagi saya hanya dari segi teknologi komputer (kayaknya disebut CG). CG nya menyedihkan sekali tetapi malah menjadikan Welcome To Dongmakgol semakin lucu terutama penggunaan CG ditambah slow motion pada adegan penangkapan babi hutan. Ekspresi Ryu Deok Hwan engga banget.

Para karakter di film Welcome To Dongmakgol semuanya melengkapi. Ada Letnan 2 Pyo yang punya masa lalu menyedihkan dan Ketua Lee asal Korea Utara yang seperti tidak menyukai gaya kepemimpinannya sendiri. Ada Smith si bule lucu yang tanpa sengaja mendatangkan para tentara (mau nyebut mereka penjahat) dan di ending dianya..aaah.. Tentara medis Korea Selatan yang lucu menganggap tentara tertua Korea Utara sebagai hyungnya (bromance euy). Lalu ada Taek Gi si tentara Korea Utara agak ceroboh dan suka ngajak Letnan 2 Pyo berantem yang jatuh cinta pada Yeo Il, anak kepala desa Dongmakgol yang agak keterbelakangan mental. Saling melengkapi ditambah warga Dongmakgol lain membuat film ini jadi lucu dan sedih.

Shin Ha Kyun, Jung Jae Young dan Ryu Deok Hwan kembali bertemu dalam satu film. Jung Jae Young ajusshi yang ganteng belum pernah bermain di drama Korea jadi ditunggu ya debutnya. Chemistry Ryu Deok Hwan bareng Kang Hye Jung disini juga manis banget. Yeo Il sangat cocok diperankan oleh Kang Hye Jung. Ryu Deok Hwan tampil manis banget. Hehehe pembahasan saya tentang Welcome To Dongmakgol sangat berantakan ya. Sorry tapi intinya kalian harus nonton Welcome To Dongmakgol karena film ini memberi kebahagiaan🙂

8 pemikiran pada “Film Korea : Welcome To Dongmakgol (2005)

  1. dira

    ga vi, saya suka…
    yang agak messy (kata-katanya) cuma baru menjelang ending tapi awalnya justru bikin saya langsung jatuh cinta sama ceritanya🙂
    thanks a lot evi, u know what i like? haha saya emang suka yang kayak gini^^

      1. dira

        ga kok vi, makanya saya langsung suka begitu evi ngereview film kayak gini ^^

        hehe, yang rajin dateng ya na, temenin saya nih kalo evi telat dateng ke blognya wkwkwk

    1. Makasih Dira dan Kristina, makasih makasih makasih banget sudah punya niat meramaikan blog ini. Maaf belum bisa posting apa-apa yg terutama berbau K-drama, maklum lagi sibuk buat lebaran jadi kayaknya awal agustus saya baru balik aktif ngeblog lagi dimari. Hahahahaha sok ngartis :p

      1. dira

        btw, kayaknya kristina juga lagi sibuk hehe
        ni dira kebetulan mudiknya cuma ke kabupaten sebelah, jadi bisa dibilang ga terlalu sibuk
        tapi gatau lagi sih kalo ada kejutan tahun ini LOL

        oke, oke girls, mohon maap lahir batin semuanya ya!^^ semoga ibadah kita diterima
        selamat hari raya idul fitri🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s