Special Review : MV 4L – Move

4L Move

Ta-dah, saya kembali lagi membuat special review yang kali ini datang dari girlgroup rookie bernama Four Ladies aka 4L . 4L merupakan grup rookie yang paling mendapat perhatian (selain Red Velvet tentunya) karena konsep seksi yang mereka anut sudah cenderung vulgar. Teaser video pertama memperlihatkan member 4L tengah melakukan adegan khusus 19. Yah, mereka tampil lesbian. Teaser kedua menampilkan maknae 4L Jayoung tengah menari seksi. Paling membuat gempar adalah teaser ketiga dimana member 4L tengah melakukan American Dance (katanya) dengan mengenakan lingerie. Wow ngeri banget ya. Music video full 4L sebenarnya akan dirilis tanggal 4 Agustus tapi bocor di situs China pada 1 Agustus. Sebenarnya saya mau membuat review MV 4L Move saat itu juga tapi saya bela-belain menunggu translate bahasa Inggris mereka. Entah bahasan saya dibawah ini pantas atau tidak disebut review :p

Scene pertama ada wastafel ditetesi cairan hitam yang ternyata maskara member 4L tengah mencair karena air mata. Si member menangis dan sesaat ada member 4L lain tengah berlari. Scene berganti pada member 4L tengah perform seperti di teaser ketiga. Scene lain menampilkan member 4L tengah masuk bar, minum dan lirik-lirikan dengan member 4L lain. Scene berlanjut pada adegan lesbian yang dilakukan member 4L. Member 4L duduk dengan gerakan tangan seperti orang risau. Yang menarik si member dengan maskara belepotan seperti melihat dirinya sendiri atau mungkin bayangan cermin. Dengan wajah sedih bayangan si member pergi meninggalkannya. Ketika sebuah gelas pecah scene-scene yang saya sebutkan tadi seperti mengalami pemunduran. Nah terakhir member 4L dengan manis memakai lipstik lalu berganti dengan member 4L dengan dingin memakai lipstik. Member 4L dengan tatapan mengerikan melirik ke kamera. Hehehe pusing ya sama penjelasan saya. Hahahaha.

MV 4L Move

Translate English tidak banyak membantu karena liriknya berbeda dengan apa yang terjadi di Music Video. Contoh nyata ialah pada reff lagu Move member 4L mengucapkan “kiss kiss me boy” padahal member 4L melakukan sesuatu dengan perempuan dan tidak ada laki-laki yang tampil di MV Move ini. Sempat juga saya berpendapat apa jangan-jangan member 4L ceritanya punya kepribadian ganda atau alter ego. Hahahaha itu berarti saya tidak mengerti dengan maksud MV Move dan saya jadi tidak bisa membahas dengan bebas. Pada scene menari saya jadi ingat dengan Stellar Marionette karena baju mereka modelnya hampir sama dan sama-sama berwarna ungu pula. Tapi member Stellar tidak nekat mengenakan lingeri seperti yang dilakukan 4L.

Ditengah fakta bahwa 4L belum melakukan debut diatas panggung mereka sudah mendapatkan celaan disana-sini. Mereka disebut 4 Lingerie dan 4 Lesbian sama netizen. Oh ya 3 member 4L ini dulunya sudah debut dengan grup MOA tapi cukup cepat MOA sudah tidak eksis lagi. Saya pribadi termakan strategi bisnis agensi 4L dimana konsep seksi ala 4L berhasil membuat mereka mendapat perhatian lebih untung sebuah rookie dari agensi kecil. Tapi saya pribadi tidak suka dengan 4L ini, mungkin konsep lesbian masih bisa saya terima tapi dance mereka yang memamerkan paha bagian dalam berbungkus stocking itu mengerikan sekali. Semengerikan lingerie hitam yang dikenakan 4L. Jujur lingerie itu justru tidak memperlihatkan kesan seksi mahal member 4L malah berdesain agak norak untuk saya. Di lagu 4L tidak ada part mengesankan dan lagunya pun tidak bagus tapi juga tidak jelek. MV Move sekilas mirip dengan MV Marionette meski kasus mereka memakai seksi konsep sangatlah beda. Intinya kehadiran 4L lewat MV Move justru menaikkan satu peringkat MV Stellar Marionette di daftar saya, 4L Move dibawah Stelar Marionette😀

Fighting buat 4L. Saya jadi kasihan dengan 4L ketika MV mereka justru bocor (entahlah disengaja atau tidak) di banyak situs video. Serasa sedih melihat member 4L sudah tampil vulgar tapi MV nya bocor😦 . Bagi saya ini pasti berat bagi 4L tampil vulgar pada debut mereka tapi toh tidak sedikit yang menjadi fans mereka sekarang ini. Semoga agensi 4L bisa memahami artis mereka dengan para fans yang bermunculan dan tidak egois. Welcome (back) to Kpopland, 4 Ladies. Fighting!!!

12 pemikiran pada “Special Review : MV 4L – Move

  1. Wah wah waahh.. ​​sangat disayangkan kalo cuma seksi2 begitu, sejak ngikutin blog evi ini saya menilai emank cuma spica yang bagus dalam performa lagu maupun vokal, SNSD yang disebut2 paling terkenal aja ga menarik bagi saya hehehe,
    Vi kpn bahas drama lgi? Skrg saya lgi asik ngikutin its okay ots love, joseon gunman tiba2 malas nonton, temptation apalagi aaahh😦 HSLO masih lanjut, bener kata mu belum ada sesuatu yg daebak!😀

  2. amat sangat disayangkan konsep mv2 kpop akhir2 ini lbh nonjolin kevulgaran. Pdhl kpop era awal2 mulai booming msh trkesan fun dan lbh sopan. Tp skrg ud amat sgt mengerikan bagi perkmbgan mental remaja2.

  3. dira

    Tuh evi aja tau kebiasaan saya ngilang hahaha
    Kpop itu sulit dideskripsikan, mereka mudah sekali mengangkat dan mudah sekali menjatuhkan. Mungkin itu sebabnya evi bilang kejam

  4. Bukan gimana2, tapi menurut saya pembahasan anda terlalu memojokkan 4L saya rasa anda seperti berat hati untuk membahas 4L. Beberapa kata2 anda seperti mengejek dan lebih parah merendahkan.
    Hak mereka lah toh belum tentu mereka mau melakukan itu. Saya balik kenyataan biar lebih JELAS. Bagaimana jika 4l adalah spica? Dan spica juga di gosipkan seperti itu,tentu anda marah kan,anda akan membela idola andakan?? Tapi semakin anda menjelekan nama gb lain dan mengatakan gb idola anda lebih bagus itu semakin membuat gb kebanggaan kalian terlihat buruk. Memang kita sebagai fans selalu mebangga2kan tapi bukan berarti kita harus menyindir karya orang lain dengan sindiran kasar maupun halus.

  5. Berdasarkan username mu kayaknya kamu fans 4L ya? Ini saya beneran salut, saya aja jarang nemu fans spica yg dr indonesia🙂

    Thanks ya atas komennya meski ga enak banget karena bawa2 spica padahal saya pun ga nyebut spica wkt bahas ini. Kalau kamunya nganggap ini sebagai sindiran halus ya saya bisa apa hehehe

Tinggalkan Balasan

