Film Happy Together (1997)


Sorry ya fotonya agak anu. Malah saya mau menaruh foto yang lebih dari ini tapi apa daya, Hahahahahaha.

Akhirnya film Wong Kar Wai yang telah saya incar bahkan sebelum saya kagum dengan mendiang Leslie Cheung sudah bisa saya tonton. Yang saya ingat saya jadi mau sekali menonton Happy Together karena saya penasaran pada film Tony Leung Chiu Wai bersama Chang Chen (pemeran Sun Quan Red Cliff) sebelum Red Cliff soalnya saya suka sama mereka berdua di Red Cliff. Ternyata Chang Chen pemeran ketiga karena pemeran keduanya adalah Leslie Cheung. Jadi… wow seorang bintang gay (duh Leslie kan biseksual) bermain film gay? Patut ditonton. Tapi kini bisa dikatakan Leslie faktor paling kuat sehingga saya mendownload Happy Together beberapa hari lalu. Sikat!

Film dibuka dengan Lai Yiu Fai tengah bercinta dengan pasangan gay-nya, Ho Po Wing. Sesungguhnya 2 lelaki ini tidak dalam hubungan yang bagus pasalnya mereka kembali lagi berantem walaupun sudah sering putus sambung. Ada ada saja masalahnya yang sebenarnya itu-itu terus berkat kelabilan Ho Po Wing. Tapi ajaibnya jika Ho Po Wing mengatakan “mari kita mulai lagi” dengan lelah Lai Yiu Fai menurutinya. Jadi kisah “mulai lagi” yang entah seri keberapa inilah ditampilkan Wong Kar Wai berkemasan Happy Together. Lalu apakah Ho Po Wing dan Lai Yiu Fai akan Happy Together seperti judulnya? Tentu jika ada perubahan pada kematangan dalam pasangan ini tapi sayang sekali tidak ada perubahan. Bisa dibilang hubungan kali ini menegaskan jika tidak ada lagi harapan walau mereka sudah jauh-jauh mencoba ke Argentina.

Opening film Happy Together sukses membuat saya kagok sendiri. Dengan lebaynya saya menutup mata sedikit saat love scene itu tampil. Juga tertawa-tawa begitu mengingat penuturan Leslie Cheung dan Tony Leung pada love scene Happy Together (ada artikelnya kok). Kemunculan sedikit ****** Leslie serta urat-urat leher Tony makin sukses membuat saya kagok pada love scene terlarang itu. Ah malunya. Btw awkward ya menyebutnya love scene karena saya tidak yakin mereka berdua dalam suasana cinta kala itu.

2 orang ini adalah Ho Po Wing dan Lai Yiu Fai. Dalam film saya dibuat gemas dengan karakter Ho Po Wing yang labil, egois juga “datang kalau butuh” itu. Sementara Lai Yiu Fai pun agak menyebalkan tapi dia jauh lebih matang dalam berhubungan bila dibandingkan dengan Po Wing. Saya bingung apakah keduanya saling mencintai atau tidak karena jika cinta pasti bakal ada perubahan dalam hubungan mereka serta rasa saling pengertian yang nihil ditunjukkan Po Wing pada Fai. Jika cinta mereka pasti akan bahagia bersama, Happy Together namun nyatanya mereka unhappy. Happy dalam artian apa sih, Wong Kar Wai? Meski saya kecil merasa tak ada cinta dalam hubungan Po Wing dan Fai tapi anehnya kok saya merasakan kecemburuan jika ada pria lain terlibat dalam mereka? Fai menjalani pekerjaan yang tidak disenanginya dengan bahagia, bersemangat diawal episode “mulai lagi”. Air terjun Iguazu merupakan lambang “cinta” mereka. Lalu apa? Po Wing oh Po Wing, kamu ya sumber masalahnya. Hubungan lawan jenis saja rumit apalagi hubungan sesama jenis (uhuk).

Btw Chang Chen disini berperan sebagai Chang seorang pekerja restoran tempat Tony juga bekerja. Chang yang penuh jiwa muda ini karakternya mungkin perpaduan Fai dan Po Wing. Chang begitu menyegarkan saya suka dengan dia yang mengandalkan pendengaran ketimbang penglihatan, dia beda. Yes. Chang pulalah yang menghibur Fai atau mungkin pelariannya Fai hehehe.

Tidak usah berkomentar banyak lagi pada kepiawaian Tony Leung dan Leslie Cheung dalam menghidupkan karakter mereka. Semuanya sudah terjawab berkat love scene nan kagok itu. Lucu juga ya mengingat Leslie Cheung membujuk Tony padahal karakter yang Leslie mainkan tidak seprofesional Leslie. Leslie Cheung memang misterius. Saya yakin gay-nya Po Wing dengan Leslie itu jauh beda. Oh ya suka banget sama foto diatas, Leslie memang “guru” yang baik untuk Tony. Wong Kar Wai ngapain sih itu? Hahahahahh imut deh tapi masih jauh lebih imut si Chang Chen.

Film Happy Together keseluruhan saya menyukainya. Memang sih Happy Together mudah dalam ukuran Wong Kar Wai tapi tetap unik kok. Waktu Fai bilang Argentina berbanding terbalik dengan Hongkong, kameranya langsung menyorot Argentina dalam keadaan terbalik hehehe. Penggunaan gambar hitam putih dan berwarna yang paling berkesan. Iguazu tampil menyegarkan membuat saya jadi ingin kesana menikmati derasnya air memercik ke wajah seperti Fai. Quotenya pun bagus yang kalau tidak salah “kukira aku (Fai) berbeda dengan Po Wing. Tetapi ternyata kami (yang kesepian) semuanya sama”.

Tinggalkan Balasan

