Film : Comrades – Almost A Love Story (1996)

Hahahaha film ini sesaat membuat saya error. Ya ampun saya benar-benar mabuk kepayang dengan Comrades – Almost A Love Story. WHAT A REAL LOVE STORY!!

Li Xiao Jun (Leon Lai) merupakan seorang China asli yang pergi merantau ke Hongkong. Di Hongkong dia bertemu dengan Li Qiao (Maggie Cheung) perempuan China asli juga sebagai perantau di Hongkong. Meski begitu Qiao lebih tahu banyak daripada Xiao Jun tentang Hongkong dan hal ini membuat mereka menjadi teman “dekat”. Setelahnya Xiao Jun pun menikahi tunangannya di kampung bernama Xiao Ting dan Qiao menikahi Pao yang seorang gangster disaat Qiao lagi jatuh-jatuhnya berkat krisis moneter lalu Pao menolong Qiao. Setelah menikah keduanya malahan tidak bahagia karena menyadari jika keduanya sama-sama mencintai.

Film ini (Comrades) merupakan filmnya Peter Chan, sutradara Wu Xia, The Warlords sekaligus sahabat baik Takeshi Kaneshiro. Saya tahu Comrades karena saya penasaran mana film Peter Chan yang bagus. Wah pertemuan sederhana bak permulaan sederhana jalinan cinta di Comrades.

Sekilas hubungan pertemanan Xiao Jun-Li Qiao bak perselingkuhan. Sebelum menikah dengan status teman keduanya tidur bersama padahal Xiao Jun punya tunangan di kampung yang baik hati dan setia menunggu Xiao Jun. Setelah menikah keduanya pun terlibat cinta lagi lalu sepakat mengakui ke pasangan masing-masing bahwa dia tidak bisa hidup tanpa Xiao Jun juga sebaliknya. Ini berat mengingat hubungan pernikahan mereka sedang baik-baik saja tapi ya mau bagaimana lagi hanya bisa memaklumi. Menikah tapi dihati ada orang lain saya membayangkannya saja sudah tidak suka. Terdengar kejam ya karena saya menyukai pasangan “selingkuh” ini tapi percayalah tidak ada yang romantis terjadi sebelum Li Qiao dan Xiao Jun menikah. Mereka terlambat menyadari cinta yang justru menekankan keyakinan bahwa keduanya ingin bersama selamanya. Tidak ada romantis yang saling pelukan pegangan tangan semacamnya. Maka dari itu saya bingung kenapa Comrades malah membuat saya cengengesan tanpa henti melihat interaksi penuh chemistry Li Qiao dengan Xiao Jun.
Xiao Ting sendiri merupakan wanita yang baik. Xiao Ting marah begitu tahu suaminya menyukai Li Qiao. Dia kesal tapi bagusnya dia tidak annoying seperti Na Hong Joo. Bukan karena Xiao Ting di film tidak balas dendam seperti Hong Joo tapi saya merasa Xiao Ting orangnya baik walau dia tetap marah pada Xiao Jun. Bisakah Hong Joo kau belajar dari Xiao Ting? Hehehe kebahagian untukmu Xiao Ting. Suami Li Qiao adalah Pao seorang gangster. Nasib Pao sukses membuat saya menangis. Dia gangster tapi dia sangat menyayangi Li Qiao. Kalau saya jadi Li Qiao saya pun memilih tidak akan meninggalkan Pao pada kondisi itu meski Xiao Jun dengan siap menunggu. Akting om Eric Tsang meski sebentar tapi keren sekali, sekeren Pao. Oh ya lupakan dengan saya menyebut-nyebut Temptation tadi. Temptation dengan Comrades levelnya beda >_<

Yang terkeren dari Comrades adalah ciuman Li Qiao Xiao Jun dijendela mobil itu. Ya ampun rasanya baru kali ini saya menangis keras melihat adegan ciuman di film. Ciuman melepas rindu, begitu dalam, tidak lama dan yang jelasnya romantis. Tampaknya baru saat itu saya melihat Xiao Jun Li Qiao menjadi romantis dengan sungguh-sungguh. Comrades merupakan film yang bagus sekali. Cinta muncul karena kebersamaan, itulah kehendaknya itulah sudut pandangnya. Yang mengagetkan yakni akibat Comrades Maggie Cheung dan Leon Lai terlibat cinta lokasi lalu kemudian pacaran waktu itu. Wah pantas saja Li Qiao-Xiao Jun punya chemistry memabukkan soalnya pemainnya menghayati dengan sepenuh hati hehehe. Akting Maggie Cheung tak perlu diragukan lagi. Dia begitu keren memerankan Li Qiao dan berhasil membuat Leon Lai yang aktingnya masih kaku jadi enak dilihat. Saya malah tidak mempermasalahkan akting kaku Leon Lai, kecuali di ending yang emosinya tidak setimpal dengan emosi Maggie Cheung sukses membuat saya terganggu (untung sedikit). Kalau memang cinta lokasi harusnya kan bisa lebih. Tapi mungkin lebih itu ditunjukkan di adegan lain😀

Comrades Almost A Love Story punya judul asli Tian Mi Mi. Rasanya kita semua yang pernah nonton serial Mandarin sudah merasa tidak asing dengan lagu ini tapi berkat Comrades saya pun akhirnya tahu penyanyi lagu Tian Mi Mi adalah Teresa Teng. Keterlibatan Teresa Teng serta Tian Mi Mi semakin memantapkan Comrades sebagai film romantis yang sebenarnya kurang romantis-romantis amat. Berharap setelah ini saya segera move on pada film Comrades karena jika tidak pasti saya akan menghabiskan waktu rerun Comrades dan melupakan posting ending Marriage Not Dating. Faktanya saya masih belum bisa move on terutama pada kiss scene itu -_-“

Tinggalkan Balasan

