Curhatku : Jodha Akbar di ANTV (5)

Dibandingkan konflik minggu lalu, konflik minggu ini jauh lebih menarik walaupun tetap saja Jodha selalu dibuat menderita hingga tertekan luar biasa

Maham Anga menjelaskan pada Adham anaknya bagaimana dia bisa mengenal Lakhi. Maham yang kabur bersama Jalal dari kejaran penjahat kaget melihat perempuan mirip dengannya yaitu Lakhi. Maham meminta Lakhi menyamar jadi dirinya dengan imbalan banyak uang. Lakhi berhutang budi pada Maham dan berjanji akan terus mengabdi pada Maham. Nah pada saat keluar dari istana lewat pintu rahasia Maham mendatangi Lakhi meminta nyawanya dan Maham berjanji akan menanggung segala keperluan keluarga yang akan Lakhi tinggalkan. Lakhi mulai berakting menjadi Maham di istana dan rencana Maham berhasil. Meski Jodha merasa terhina akan pilihan Jalal kembali ke Amer Jodha nampak menerima tawaran itu. Jodha sampai tidak mau mengikuti festival menjual barang pada Raja tapi atas bujukan Hamida Jodha akhirnya ikut festival itu. Karena esoknya akan diselenggarakan Festival Warna bagi umat Hindu Jodha berinisiatif menjual bubuk warna dan kembali terjadi perdebatan sengit antara Jalal Jodha membahas warna. Tiba saatnya Festival Warna. Jalal mengijinkan Jodha melakukan itu dikerajaannya dengan syarat tidak mengganggu orang Agra. Pada saat main lempar warna tak sengaja warna itu mengenai Maham Anga. Maham Anga yang bersumpah tak akan memakai pakaian berwarna demi mendiang suaminya marah besar karena pakaiannya ternoda. Jalal ikut marah dan akan segera mempercepat perceraiannya pada Jodha. Ibu Jodha datang ke Agra dan menentang kepulangan anaknya ke Amer. Tiada tempat bagi Jodha di Amer, membuat Jodha sangat tersiksa. Jika Jalal ingin memulangkannya ke Amer tapi ibu Jodha menolak dirinya pulang ke Amer lantas akan kemana Jodha pergi? Jodha memacu kudanya dengan cepat keluar istana sementara Kerajaan tengah sibuk mencari keberadaan Jodha terutama Jalal. Jalal ikut mengejar Jodha dan menemukan Jodha tengah melompat ke sungai. Jalal bergegas menyelamatkan Jodha dengan alasan agar nama Mughal tidak tercoreng akibat perbuatan ratunya yang ingin bunuh diri. Jalal membawa Jodha pulang dengan kudanya. Sementara itu esok harinya Jalal akan pergi ziarah ke sebuah makam dan Jalal akan ditemani ratu yang wajahnya pertama kali terkena sinar matahari pagi. Rukaiya sangat semangat tapi yang terpilih adalah Jodha.

Saya sendiri jarang menonton Jodha Akbar malam apalagi Jodha masih dimarahi terus. Waktu asyik menonton rerun malam kemarin eh listriknya mati. Ya nasib.
Salah satu yang menarik dari Jodha Akbar ialah bagaimana mereka menerapkan toleransi agama pada zamannya. Bukan sekedar toleransi agama dan itulah yang menjadi perdebatan tak berujung. Kalau saya sih santai saja karena saya menonton Jodha Akbar karena romantisnya saja selain itu saya kurang serius. Oh ya pernah baca berita kalau Jalal aslinya pun bukan muslim yang baik karena Jalal juga membuat agama sendiri. Hmmm.. Dalam beberapa episode kedepan kita akan berkutat pada konflik toleransi agama dimana Jodha berdo’a ala Islam dan Jalal berdo’a ala Hindu. Yah akan sangat menarik mengikuti penyelesaian hal ini mengingat isu agama dari zaman dulu memang merupakan hal yang sangat sensitif. Belajarlah dan mari kita jadi pengikut agama kita baik-baik🙂

Adegan favorit saya ada pada Jalal Jodha berkuda bersama. Warga Mughal yang melihat raja ratunya tampil “mesra” hanya bisa tersenyum dan untung saja tidak diteriaki “ciyee ciyeeeee”❤. Jalal Jodha sempat melihat warga tersenyum dan coba saja saat itu mereka berpikir bagaimana jika mereka berdua memandang diri sendiri berdasarkan sudut pandang orang lain. Maham Anga begitu yakin akan peluang keduanya saling mencintai itu nyata tapi Jodha Jalal sendiri belum menyadarinya. Yahh cinta memang butuh proses panjang terutama dalam hal mengenali cinta mereka. Maka dari itu jatuh cinta bukanlah sesuatu yang instan dan bukan hal yang kita segera tahu bahwa Jodha Jalal meresakannya pada episode sekian. Minggu ini saya juga senang tertawa menonton Jodha Akbar karena tingkah seorang Javeda yang lambat tapi mampu membuat Maham Anga tak berkutik jika keduanya berbicara. Hahaha kok Adam Khan bisa punya istri seperti Javeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s