[Translate Indonesia] VIXX – Memory

Berdasarkan request salah satu yang berkomentar, ini dia terjemahan Indonesia Lagu VIXX Memory. Terimakasih atas requestnya, sebuah lagu yang keren.

~~~

Aku ingin kenangan
Gambaran kau mencintaiku telah memudar
Aku tak dapat melihat wajahmu
Cinta telah terlupakan

Air mata yang jatuh ke pipiku
Telah mengering untuk beberapa hal
Seolah kutunjukkan padamu, berat badanku jadi sangat kurus
Kurusnya seperti saat kita bersama dulu
Sekarang aku tidak melewatkan makan, aku bisa tidur nyenyak tanpa mengeluarkan air mata
Ya untuk ‘pergi’, tidak untuk ‘jangan pergi’
Saat aku dalam siklus patah hati yang gila
Kau melihat aku dengan tatapan menyedihkan
Aku tidak bisa melupakan itu
Aku tidak bisa melupakan itu
Aku tidak bisa melupakan itu
Dulu aku keliru dan sekarang aku tidak bisa mengingat wajahmu lagi

Sayangku da-dah
Kucoba untuk menahanmu
Tapi tidak bisa dengan mudah untuk aku menahanmu
Jadi aku melupakanmu tanpa aku sadari
Sayangku da-dah
Sekarang aku bahkan tidak mengucurkan air mata
Matamu, sentuhanmu, segalanya darimu
Semua telah terlupakan

Tempat yang pernah kudatangi denganmu, makanan yang pernah aku makan denganmu
Sesuatu yang pernah aku bicarakan denganmu semuanya jadi kosong
Aku juga lupa penyebab memar biru hitam ini ada
Aku merindukan hari-hari yang aku sia-siakan untuk menghapusmu
Aku merindukan bekas luka dari saat itu
Mengapa? Aku mau tersakiti olehmu lagi
Aku mau terluka olehmu dan meneteskan air mata
Aku mau meneteskan air mata
Aku mau meneteskan air mata
Aku mau meneteskan air mata
Tapi sekarang hatiku membosankan dan tiada air mata yang tersisa untuk dikucurkan

Sayangku da-dah
Kucoba untuk menahanmu
Tapi tidak bisa dengan mudah aku menahanmu
Jadi aku melupakanmu tanpa aku sadari
Sayangku da-dah
Sekarang aku bahkan tidak mengucurkan air mata
Matamu, sentuhanmu, segalanya darimu
Semua telah terlupakan

Yeah aku ingin ingin ingin kenangan
Yeah aku ingin ingin ingin kenangan
Yeah aku ingin ingin ingin kenangan
Yeah aku ingin ingin ingin kenangan

Yeah aku ingin kenangan
Waktu aku tertawa dan menangis denganmu
Yeah aku ingin kenangan
Wajahmu yang melihat kearahku
Aku tidak bisa melupakannya seperti ini
Aku mencintaimu terlalu dalam untuk dilupakan
Aku tidak bisa dengan mudah pergi darimu
Aku lebih memilih untuk kembali ke masa lalu
Memegangmu dimanapun kau berada dan berkata “aku cinta kamu”
Aku harus terbebas dari realita dan membalik nasib kami
Aku tidak bisa membiarkanmu pergi seperti ini, aku tidak akan pernah pergi
Walaupun jika aku kehilanganmu, aku tidak akan pernah bisa melupakanmu
Agar menjadikannya abadi, AKU AKAN MENCINTAIMU TIDAK DENGAN HATIKU MELAINKAN KEPALAKU

Sayang da-dah
Meski kau tidak lagi disampingku
Aku akan mengingat dirimu di masa lalu
Aku akan mencintaimu sekali lagi
Sayang da-dah
Walaupun jika aku meneteskan air mata lagi
Aku akan memikirkan matamu, sentuhanmu, segalanya darimu
Saat aku menangis

Yeah aku ingin ingin ingin kenangan
Yeah aku ingin ingin ingin kenangan
Yeah aku ingin ingin ingin kenangan
Yeah aku ingin ingin ingin kenangan

~~~

Saya lebih dulu menerjemahkan liriknya ketimbang mendengar lagu ini langsung. Awal menerjemahkan saya semangat manakala ceritanya cowok VIXX telah move on dari patah hati, sebuah tema mainstream tapi pemilihan kata-kata move on seperti bagian “kurus” di bait ke-2 itu lucu sekaligus unik. Sampai ditengah-tengah saya heran kenapa si cowok masih merindukan momen dia disakiti sama ceweknya dan rupanya ada plot twist di awal move on padahal aslinya tetap susah move on. Sigh, mulailah saya rela tidak rela menerjemahkan “Memory” bahkan saya sempat mengumpat liriknya kayak banci. Kejutan tidak hanya sampai disitu dan saya pun mengakui gaya si cowok dilanda susah move on ini keren banget terutama pada bagian “AKU AKAN MENCINTAIMU TIDAK DENGAN HATIKU MELAINKAN OTAKKU”. Heol daebak!!! Sampai lirik penutup lagu juga keren!! Sekali lagi terimakasih buat yang request, lagunya keren banget dominan rap dan paling penting cocok dengan terjemahan yang saya buat. VIXX Memory JJANG!!!!

Lelaki yang patah hati se-dramatis ini saya akui hanya ada di lagu boygroup saja. Ada lelaki yang ingin patah hati menangis cuma takut disangka banci, hmmmm salah kita juga yang menjadikan penilaian “banci” sebagai hal mendarah daging. Patah hati tidak mengenal gender dan bukan cuma lelaki saja yang bisa kuat menghadapi patah hati kan? Perempuan juga *sugesti untuk Evi*

14 pemikiran pada “[Translate Indonesia] VIXX – Memory

  1. Ping-balik: [INDONESIAN TRANSLATE] VIXX – MEMORY LYRICS | My Pleasure

  2. ikhasevia9

    uh arti lagunya sedih banget ternyata.. lagi demen sm hyuk eh akhirnya dia nyanyi juga di lagu ini… jadi tambah suka, ya selain karena makna lagu ini bikin baper.
    cuma kok agak rancu pas di bagian

    “sayangku da-dah.” yah kenapa gak “sayangku selamat tinggal..” itu lebih kerasa sedihnya..

    maaf yah cuma koreksi itu saja. overall, makasih udah translate-in lagu ini…
    🙂

Tinggalkan Balasan

