Permata Berdebu

Malam tadi aku berniat untuk pergi kerumah sepupuku, satu-satunya teman diantara rumah barisan kanan di Jalan Pendidikan. Kulewati jalan gelap dan langit tak berbintang dengan membawa suatu kabar bahwa aku tengah menggemari lagu “Gadis Melayu” yang dinyanyikan idola baru kami berdua, Reza Zakarya. Kudapati sepupuku ini masih sakit dan aku masih ingat dia sudah sakit saat Reza menyanyikan lagu Ya Magnoon. Tubuhnya penuh peluh padahal cuaca tidak begitu panas aku langsung menyuruhnya mendengarkan lagu Gadis Melayu. Dia selalu bilang padaku bahwa kalau aku datang jangan terlalu membahas banyak soal Reza sebab dia masih sakit hati menerima fakta bahwa Reza menjadi juara 4 DA2. Buatnya juara 4 sama sekali tidak pantas untuk Reza dan buatnya pula itu sama sekali tidak sesuai dengan pengorbanannya selama ini. Dia dengan kondisi tubuh lemah jadi selalu begadang karena Reza. Jika biasanya aku selalu membalas bahwa takdir Reza adalah dengan menjadi juara 4, mendengar keluhannya dengan suara lemah aku jadi tidak berani berkata seperti itu lagi. Kehabisan akal akupun memeluknya dan juga menyuruhnya mendengar suara Reza saat berumur 17 tahun.

Saat harapanku sudah didengar Tuhan walaupun caranya kejam yang bisa kulakukan hanyalah bersyukur. Aku tengah dituntut untuk bersikap seperti idolaku, apapun situasinya aku harus pandai mengucap syukur. Berfikir bahwa ada cara yang jauh lebih baik dengan diam tanpa harus menjadi orang lain. Dengan hina untuk kesenangan orang banyak. Dengan tak berdaya untuk ketenangan abadi. Ingatlah walaupun aku untukmu hanyalah debu-debu jalanan aku yakin sinaran permatamu tidak akan tertutupi oleh debuku. Kenanglah aku yang pernah melindungi sinarmu dan jangan merasa aku tinggalkan bahkan diinjak mobil sekalipun aku akan tetap ada. Aku menyayangimu dengan aku apa adanya dan maafkan aku pernah menyakiti matamu.

Tinggalkan Balasan

