Pernikahan Dini Dongho

“Dongho adalah anak kecil”. Begitulah kata saya tiap menemukan idol 94-line ketika masih menggandrungi K-pop ditahun 2010-2011 dulu. Terlebih lagi diantara banyaknya maknae yang rata-rata 94-line tersebut, Dongho ini imut sekali. Tapi namanya juga hidup, bukan hidup namanya jika berjalan tidak luar biasa. Iya… Si kecil si imut Shin Dongho yang telah resmi keluar dari boygroup U-KISS memutuskan untuk MENIKAH DINI. Iya, saya yakin kalian waktu pertama kali mendengarkan berita ini tentu ada rasa tak percaya. Iya… Iyain aja soalnya ini memang benar bahkan pernikahan dini yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini telah merilis foto-foto Prewedding bakal pengantin remaja ini. Wah wah… Nikah dini ya.

Untuk saya pribadi orang-orang yang menjalani nikah dini tanpa terdesak oleh kondisi tertentu misal hamil diluar nikah adalah mereka yang luar biasa. Contohnya kakek nenek saya yang menikah usia muda, bertemu baru di pelaminan dan langgeng hingga akhir hayat. Mereka berani menanggung resiko, mereka yakin akan pasangan mereka dan teristimewanya bagi pasangan muda langgeng nikah muda adalah nikmat bagi mereka yang beruntung cepat dipertemukan dengan jodoh mereka bila dibandingkan jomblo bertebaran diluar sana hehehe.

Jujur saja jika saya ditawari menikah muda saya akan lebih banyak mengtidakkannya dibanding mengiyakan. Waktu ada rencana perjodohan saja saya sudah ngeri sendiri bahkan sudah memasuki tahap stress. Padahal saya pribadi merasa nikah muda itu pasti menyenangkan (efek kebanyakan nonton Drama Korea) bisa bebas dengan orang yang kita cintai dan paling keren bisa meraih mimpi bersama-sama. Tapi ya begitulah, sejatinya nikah muda itu saya sendiri tidak berani melakukannya *ah elah*.

Ohya di kampung saya sendiri nikah muda adalah hal yang lumrah bahkan Sulawesi Barat merupakan Provinsi dengan jumlah pengantin anak terbanyak (bisa baca artikel: Nyanyian Sunyi Para Pengantin Anak di Sulbar). Teman SD saya yang tamatan SMP sudah punya 2 anak bahkan tetangga saya yang masih sangat muda itu tidak tamat SMP telah punya 1 anak. Mereka memutuskan menikah muda tentu karena keputusan keluarga sejak dulu-dulu sekali, keluarga menunggu anak gadis mereka haid dan jika sudah haid maka harus siap dinikahkan. Ironi memang tapi saya tak kuasa memperdebatkannya lagi manakala rumah tangga anak-anak muda ini masih awet hingga sekarang. Semoga pernikahannya langgeng sebab saya yakin pada dasarnya tiap manusia apapun kondisi pernikahannya pasti mereka ingin menikah sekali seumur hidup.

Saya pribadi penasaran apa alasan Dongho dalam keputusannya untuk menikah muda dan semoga saja bukan karena penyebab negatif nan mainstream itu yah. Apa mungkin karena kemauan keluarga? Hmmm yang jelas sih nikah mudanya Dongho mungkin saja bisa terhindar dari resiko kemapanan. Dongho udah mapan kan? #eaaa. Anyway congrats, semoga pernikahan Dongho dan istrinya nanti bisa langgeng serta menjadi contoh yang baik bagi para pasangan maupun calon pasangan muda diluar sana.

Tinggalkan Balasan

