Film India : Highway (2014)

Highway
Apa cuma saya yang merasa kalau adegan ini tidak ada di film?

Awal saya mengetahui Alia Bhatt sebenarnya bukan karena Student of the Year tetapi karena Highway. Video klip film ini sering muncul di TV dan saya langsung terkesan akan keunyuan Alia Bhatt serta kemungkinan bahwa Alia Bhatt yang imut terlibat cinta dengan seorang tua. Dan Highway ini bercerita tentang Veera (Alia Bhatt) yang awalnya disandera lalu kemudian diculik oleh komplotan penjahat yang dipimpin Mahabir (Randeep Hooda). Ahh, opening Highway tidaklah sesederhana cerita saya itu, percayalah saya hanya malas menulis sinopsis singkat Highway😀

Untuk saya Highway adalah film yang tanggung bahkan cenderung mengecewakan. Ada beberapa titik yang membuat Highway terlihat sangat dipaksakan sehingga perjalanan ceritanya terasa tidak mengalir dengan baik. Sebelum menonton Highway saya berfikir bahwa Veera lah yang menawarkan diri untuk diculik sebab Veera tidak ingin menikah namun ternyata Highway tidak begitu, sempat terjadi ketegangan diawal pertemuan Veera dengan komplotan Mahabir. Pada transformasi sikap Veera yang awalnya ketakutan ketika diculik lalu tiba-tiba enjoy begitu saja entah apa sebabnya, tiada momen berkesan diantara transformasi tersebut. Padahal 30 menit pertama Highway sangatlah menarik tetapi semakin kebelakang justru keistimewaan opening Highway tidak begitu dimanfaatkan. Mahabir punya potensi besar untuk memperkaya emosi Highway namun sayangnya Highway berakhir sebagai filmnya Veera bukan film Mahabir. Sangat disayangkan😦

Saya hanya bisa curiga bahwa Highway yang saya tonton adalah Highway yang sudah terkena banyak cut sebab saya yakin Imtiaz Ali pasti tidak seteledor ini. Dan sebagai film perjalanan, Highway cenderung membuat saya tidak merasa “wow” dengan keindahannya. Di pembuka, nama-nama kru team Highway ditunjukkan dengan latar pemandangan India dari sudut pandang penyetir mobil yang sesuai favorit saya banget. Lalu kemudian disepanjang film kembali diberikan pemandangan serupa (tapi tak sama) dan pemandangan tersebut sudah kerap saya jumpai di film India lain. Terbesit bosan tentu iya ditambah Highway memang agak pelit soal scoring. Hehehe tapi it’s okay lah Patakha Guddi adalah nilai plus Highway, plus plus plus plus plus ^_^

Mahabir

Tentang kasus “seksual” yang dialami para tokoh Highway merupakan kejutan yang sama sekali tidak saya duga. Dan bersyukurlah, masing-masing Veera dan Mahabir diperankan oleh aktor aktris berkompeten. Alia Bhatt luar biasa, aktingnya emosinya daya pikatnya semuanya Alia Bhatt di Highway luar biasa itu saja. Lalu Randeep Hooda yang baru pertama kali saya melihat aktingnya, bagus sekali. Emosinya ketika marah-marah didepan Veera selalu stabil dan tampaknya disebabkan oleh Randeep yang memilih tidak bicara pada Alia selama 25 hari. Ahh total sekali beliau ini dan percayalah sampai sekarang susah sekali untuk move on dari senyum pertama Mahabir. Sepanjang film Mahabir marah terus dan ketika dia tersenyum untuk yang pertama kali membuat saya ingin mengatakan sebuah hiperbola, “Mahabir tersenyumlah. Akan kuserahkan ciuman pertamaku hanya untukmu, Mahabir”.

Sebab diperankan aktor aktris berkompeten, asik saja untuk menikmati chemistry indah antara Mahabir dan Veera. Jangankan Veera, saya pun sudah jatuh cinta dengan Mahabir. Hubungan Veera dan Mahabir buat saya lebih dalam daripada hubungan cinta antara pria dan wanita, tapi ya tanggung sekali segalanya jadi tanggung berkat ending film yang kurang memanfaatkan openingnya dengan baik. Mahabir duh Mahabir, semoga Imtiaz Ali berpikiran bahwa Mahabir masih hidup sebab saya pun berpikiran yang sama.

Tinggalkan Balasan

