Yang Kuatlah, Tzuyu

Tzu Yu
Ya Allah, kenapa saya tidak secantik Tzuyu

Akhir-akhir ini saya membiarkan diri saya kosong sembari siap menerima apa-apa saja yang kiranya memasuki hari-hari saya. Nah salah satu yang memasuki saya adalah skandal kewarganegaraan di industri K-Pop menimpa seorang maknae dari grup rookie TWICE, maknae itu bernama Tzuyu. Nah dari namanya saja sudah jelas dia bukan orang Korea kan? Ya dikatakan Tzuyu ini lahir di Taiwan tapi di salah satu variety show Tzuyu terlihat memegang bendera Taiwan seakan menegaskan bahwa Tzuyu ini warga negara Taiwan. Padahal Taiwan katanya belum merdeka dari China, nah hal ini membuat netizen China mem-bully Tzuyu habis-habisan. Belum cukup di bully, imbasnya segala kegiatan idol JYP di China mengalami pembatalan masih karena kasus Tzuyu ini. Hal yang menurut saya bisa segera diselesaikan tapi masalah ini justru semakin besar yang konon dibesar-besarkan oleh seorang publik figur di China-Taiwan sana. Sampai-sampai Presiden Taiwan pun ikut berkomentar atas kasus Tzuyu, wah ruwet euy.

Sejatinya saya tidak tahu siapa itu Tzuyu, saya bahkan belum pernah mendengarkan lagu Ooh Aah yang merupakan lagu debut Twice. Tetapi, beberapa jam lalu ketika JYP resmi mengeluarkan video permintaan maaf Tzuyu kepada publik China, hati saya terasa sakit melihat ketidakberdayaan seorang Tzuyu. Makin terasa sakit saat dalam video tersebut suaranya yang tertekan menahan tangis mengucapkan bahwa “China itu hanya satu”, serasa hak-haknya sebagai manusia berumur 17 tahun direnggut begitu saja.
Sesungguhnya saya tidak paham konflik politik antara China Taiwan seperti ketidakpahaman saya atas kapan tepatnya istilah China, Tiongkok, Tionghoa, Mandarin dsb bisa digunakan. Tapi sekali lagi saya merasa sakit ketika Tzuyu harus mengakui bahwa “China itu hanya satu”. Bukankah itu melanggar HAM nya Tzuyu? Nah belum lagi sikap JYP yang mengupload video permintaan maaf Tzuyu setelah saham JYP merosot dan ini seakan memperlihatkan bahwa JYP tidak ingin kehilangan potensi uang mereka di China. Ahhh sebagai manusia saya berharap yang terbaik untuk Tzuyu dan semoga kasusnya cepat selesai. Tzuyu hanya terlalu berharga jika kasus yang tidak ia mengerti malah merenggut kecantikannya. Tzuyu cantik, besar hikmah kasus ini bagi kariernya kedepan dan semoga Tzuyu segera bangkit.

Tzuyu
Tzuyu cantik, yang kuatlah!

Tinggalkan Balasan

