Film : The Dark Knight (2008)

The Dark Knight

Saya selalu mendengarkan puja puji para pencinta film tentang kehebatan sutradara gagah bernama Christopher Nolan lewat karya trilogi Batman nya nan termahsyur. Hal itu pulalah yang mengantarkan saya mendownload The Dark Knight setahun silam tanpa mendownload Batman Begins dan The Dark Knight Rises. Namun entah apa sebabnya saya baru bisa menonton film berdurasi tiga jam ini tiga hari lalu, dumb dumb!

Saya adalah orang yang awam dengan filmnya Christoper Nolan. Sama halnya dengan keawaman saya terhadap Batman, saya cukup tahu superhero satu ini berjenis kelelawar. The Dark Knight merupakan film yang menceritakan kehidupan Bruce Wayne setelah menjadi Batman. Kota Gotham yang kejam tersebut semakin chaos dengan kehadiran penjahat skizofrenia bernama Joker. Akh~ he’s an agent of chaos. Truly, iconic.

The Joker

Bisa dipastikan hampir semua film-film Christoper Nolan itu bagus-bagus serta bergenre berat-mikir. Lalu kenapa saya memilih mendownload The Dark Knight padahal ada Inception yang tak kalah menggiurkan? Jawabannya adalah Heath Ledger berhubung waktu itu saya sungguh mencintai totalitasnya dalam film Brokeback Mountain. Heath Ledger sebagai Joker keren sekali, pertaruhannya untuk memainkan karakter ini sungguh luar biasa. Tidak lama kemudian Heath Ledger menjadi almarhum dan saya jamin tidak akan ada yang bisa melupakan kegokilan seorang Heath Ledger memainkan peran Joker.

Saya masih ingat di suatu malam tahun baru, TV yang menayangkan drama Korea dengan kualitas HD waktu itu menayangkan The Dark Knight sekitar jam 9 malam. Saya hanya menonton openingnya yang memperlihatkan Joker tengah merampok sebuah bank. Adegan tersebut masih tidak bisa saya lupakan, betapa Joker merupakan villain yang sukses membuat saya merasakan ketakutan. Lalu ketika saya akhirnya bisa menonton full The Dark Knight kemarin, ketakutan terhadap Joker tentu masih ada dan disertai kekaguman akan totalitas Heath Ledger memerankan Joker. Anehnya Joker adalah villain lovable dan improvisasi akting Heath Ledger makin menambah kesan mengagumkan dibalik wajah seramnya Joker. Jika mau egois, Joker ini berhasil menyedot habis aura nya Batman. Untung saja Batman merupakan superhero keren, dilemanya sebagai seorang “pahlawan” sungguh menyesakkan hati saya.

The Dark Knigh setipe dengan Watchmen, sama-sama menyajikan sisi kelam nan dalam seorang pahlawan super. Tidak ada adegan say thanks para warga untuk para superhero seperti di film The Avengers, sekali lagi dalam hal ini saja The Dark Knight punya keunggulan bila dibandingkan dengan film superhero lain termasuk Watchmen.

Harvey Dent

Dan ternyata segala macam perkataan teman-teman mengenai film ini memang benar adanya. Sebagai orang awam Batman, saya tidak menyangka Dark Knight cukup ramah memperkenalkan para karakternya terutama Harvey Dent. Apa yang Joker lakukan pada Harvey Dent menghasilkan pesan moral penting The Dark Knight, bahwa keteguhan hati lah yang mampu menyelamatkan umat ditengah kekacauan. Dengan hati hancur karena kematian Rachel, Harvey Dent begitu terpukul dan goyah. Sayang sekali keteguhan hati nya diawal film tidak lagi muncul diakhir hidupnya. Harvey Dent adalah sosok menarik dan membuat Joker memberikan sedikit aura yang ia miliki. Betapa para tokoh pria dari The Dark Knight semuanya keren termasuk Letnan Gordon sungguh sangat berkharisma😀

Intinya saya menyukai film ini, sangat keren apalagi sesuai dengan selera saya pribadi yang realistis. Di akhir film dada saya terasa sesak ingin menangis, entah tangisan untuk siapa. Ikatan emosi dengan penonton merupakan kelebihan terbaik The Dark Knight bagi saya, ya kapan lagi film super hero membuat saya baper? Segala sesuatu tentang The Dark Knight itu dalam, bahkan dalam film ini tersaji pengartian “superhero” yang sangat berbeda. Itu saja, teman-teman saya kali ini berkata benar🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s