D’Academy 3 dan Standing Ovation

Standing Ovation

Ada yang aneh saat saya menonton Dangdut Academy 3 sekarang ini yakni melihat juri-jurinya yang sangat sering melakukan standing ovation. Mengingat di Dangdut Academy 2 dulu, standing ovation adalah hal yang paling dinantikan oleh penonton terutama standing ovation dari Saipul Jamil dan Rita Sugiarto. Contohnya saja Top 5 DA2 bahkan sampai juara Asia saja belum pernah sekalipun mendapatkan standing ovation dari Rita Sugiarto dan di DA3 ini Bunda Rita cukup royal berdiri mengapresiasi penampilan peserta. Padahal sejujurnya, saya merasa berdirinya juri untuk sebuah perform peserta DA3 adalah hal yang berlebihan. Lantas kenapa? Apa karena sudah tiada lagi sosok “kritis” mengada-ada seperti Saipul Jamil?
Itu yang menarik dan makin menegaskan ada standar tertentu di DA3 yang berbeda dengan DA sebelumnya. Kalau buat saya pribadi seperti ada penurunan level di DA3, tingkat kerumitan DA3 belum se-greget DA2 meski ada feel DA2 yang terbawa di DA3 contoh penambahan aransemen yang kerap dilakukan juara Asia juga dilakukan di DA3. Saya pun iri di DA3 sudah ada persiapan matang seperti penambahan dancer di 15 besar sedangkan di DA2 yang saya ingat di babak 15 besar penonton maupun juri sudah sibuk sendiri kepada peserta yang mereka senangi. DA3 bagaikan “perbaikan” dari DA2 meskipun kualitas para peserta DA3 buat saya belum sekeren DA2.
Ditambah lagi jika sudah menyinggung masalah “progress” dn perwakilan “DA ASIA 2”. Ah au ah gelap!

Tinggalkan Balasan

