Curhatku : Ending Drama Korea Signal

Signal poster

Awalnya saya berpikir untuk memposting bahasan ending Signal di blog ini setelah HP saya sembuh dari rusaknya. Namun tak disangka-sangka bahkan sampai sekarang ini saya belum berkesempatan membawa HP ke bengkel jadi ya sudahlah, niatan itu mau tak mau malah urung dilaksanakan. Jadi maaf saja saya baru bisa membahas ending Signal setelah euforianya perlahan memudar.

Signal end

Perjalanan 3 detektif utama akhirnya rampung dalam 16 episode (meski episode terakhirnya memang kelewat panjang). Kasus dingin terakhir kembali lagi mengungkap apa sebenarnya yang terjadi pada kasus kematian Park Sun Woo kakaknya Hae Young. Yang bikin speechless tentu saja fakta dibalik kematian Sun Woo yang ternyata bukan bunuh diri melainkan dibunuh dengan Bum Joo yang menyayat tangan Sun Woo ketika sang kakak telah tak sadarkan diri akibat pengaruh bubuk dalam minuman yang dicampurkan Bum Joo. Ini membuat saya geleng-geleng kepala, bukan karena kekejian Bum Joo melainkan kematian seperti ini sungguh sangat khas Kim Eun Hee sekali (apalagi saya juga sementara mengikuti Phantom). Usai membunuh Sun Woo, Bum Joo pun mencuri barang bukti berupa syal merah dan sayang sekali Jae Han terlambat atas itu semua. Maka di malam hari, sebuah peristiwa penting dalam hidup Jae Han pun terjadi yakni kematiannya sendiri. Eitt… tunggu dulu… Transmisi yang gagal mengembalikan nyawa kakak Hae Young masih bisa digunakan untuk mengembalikan nyawa polisi menawan seperti Jae Han.

bum joo jaqe han

Jae Han end

Ending Signal mengingatkan saya dengan ending The Lunchbox. “Ya” atau “Tidak”? Jawaban simple ini justru menjadi rumit bila dikondisikan pada endingnya Signal. Ya… Alhamdulillah Jae Han bisa selamat dan berkat transmisi ia pun terlindungi di sebuah rumah sakit. Tapi apakah ya atau tidak bagi Hae Young dan Soo Hyun untuk lebih dulu menemukan Jae Han dari orang-orang yang juga mengincar uri detektif satu ini? Semuanya kembali ke penonton, ini merupakan open ending yang memuaskan penonton (meski tidak semuanya) dan juga memuaskan saya. Open ending ini sekaligus berhasil bagi Kim Eun Hee untuk tidak menghilangkan khasnya ditengah tuntutan penonton agar tidak ada kesedihan di akhir cerita Signal. Lewat ending ini pula, pesan dalam dari Signal tetap tersampaikan…” Betapa masa lalu akan selalu berpengaruh pada masa depan”. Jae Han tidak bisa lepas dari orang-orang yang menjahatinya bahkan setelah puluhan tahun hal tersebut berlalu juga dilupakan. Tapi saya yakin orang-orang terutama dari Korea sana tidak akan lupa dengan kasus dingin yang terjadi di negara mereka. Keinginan terdalam Kim Eun Hee tercapai

Jae han hug Soo Hyun

Jae Han Soo Hyun

Oh ya saya belum mengungkapkan apa yang saya puaskan dengan ending Signal. Sama seperti yang lain, seiring membesarnya simpati kepada Jae Han, hidupnya Jae Han adalah prioritas utama. Melihatnya dalam kondisi sadar walaupun agak linglung, saya saja sudah senang setengah mati. Bagaimana dengan Soo Hyun ya? Hehehe btw masih susah move on ketika Soo Hyun menangis kejer mengungkapkan perasaannya pada Jae Han yang justru membuat Jae Han malu. Di ending ketika Jae Han memeluk Soo Hyun saya juga ikut terharu. Cinta oh cinta, akhirnya Bum Joo yang nyebelin itu mati juga. Untuk Hae Young, dia semakin keren saja meski tidak bisa menghidupkan kakaknya kembali. Saya jadi tertarik dengan pekerjaan sebagai profiler walaupun disaat itu juga saya sadar menjadi pengamat sudut pandang saja sudah susah.

Hae Young end
Syukurlah masih hidup

Saya baru tahu ketika Signal masih dalam pertimbangan SBS untuk ditayangkan, judul dari drama ini adalah Cold Case. Hal ini membantah anggapan awal saya bahwa Signal akan terfokus pada kasus pembunuhan berantai Hwaseong. Ternyata tidak begitu, Signal justru menawarkan berbagai kasus dingin yang bahkan realitanya sampai saat ini masih dingin. Maka saat pindah ke tvN, judul Cold Case berganti menjadi Signal dan cerita pun berfokus pada walkie talkie yang diluar nalar itu. Namun segalanya sungguh berjalan baik apalagi saya tidak banyak berharap kepada Signal. Saya berpikir bahwa berdasarkan hati nurani Signal adalah karya Kim Eun Hee yang paling kuat bila dibandingkan dengan dramanya yang lain. Membuat saya tidak setuju dengan pencanangan season 2, takut saja jika sekuel justru tidak lebih keren dari season pertama. Ya kecuali kalau Signal season 2 mau dibuat sebagai kelanjutan cinta Jae Han dan Soo Hyun, ya ok dong😀

Son Hyun Joo
Pak Presiden apa kabar?

signal quote
Nah kan, bener kan?

6 pemikiran pada “Curhatku : Ending Drama Korea Signal

Tinggalkan Balasan

