Film India : Baahubali – The Beginning (2015)

Baahubali France

Ketika mengetahui film ini akan segera tayang lebaran nanti di ANTV plus saya belum pernah menuliskannya di blog maka jadilah saya tulis sekarang juga hehehe.

Ketika saya bertukar-tukar film dengan seorang teman, saya direkomendasikan olehnya untuk menonton Baahubali. Tetapi berhubung disk laptop sudah berwarna merah plus saya agak “meh” melihat Baahubali menampilkan adegan wanita cantik menari menggeliat dengan kupu-kupu dipunggunya, saya pun tidak jadi mengambil film Baahubali dan hanya mengambil film ABCD 2 saja. Sampai saat saya mendapatkan film ABCD 1, pada flashdisk teman saya terdapat pula film ini. Teman saya sengaja menaruhnya dan dia resmi menjadi orang kedua yang meminta saya menonton Baahubali. Waaahh saya tidak bisa menampik permintaan ini bersamaan dengan saya mengetahui Baahubali adalah film India Selatan termahal dengan rating IMDb yang tinggi.

Baahubali tampaknya akan menjadi roman seorang Siwa. Siwa ketika bayi dipegang oleh neneknya yang telah tenggelam di dasar sungai. Melihat peristiwa unik itu, bayi Siwa langsung diselamatkan warga kampung dan salah satu keluarga langsung mengadopsi bayi Siwa dengan resmi memberinya nama “Siwa”. Siwa pun besar menjadi pemuda super kuat tapi kerap membuat sang ibu khawatir akibat perilaku Siwa yang suka memanjat air terjun. Selain karena takut Siwa kenapa-napa, faktor utamanya karena daerah di atas air terjun adalah tempat berasalnya Siwa. Di atas sana ada Kerajaan Mahesmati, kerajaan yang tengah dikuasai pihak yang tidak berhak dan tahun ini menjadi tahun ke-25 kezaliman itu terjadi. Permaisuri Devasena menjadi tahanan dengan tangan dirantai di depan kerajaan dan ia masih setia menunggu anaknya datang menyelamatkannya. Anak itu siapa lagi kalau bukan Siwa, anak dari Sang Raja Baahubali.

Seperti The Raid ini adalah film yang ajaib, film dengan storyline biasa-biasa saja namun sungguh sangat menghibur hingga membuat lupa waktu. Kesadaran saya kembali saat endingnya menunjukkan bahwa akan ada Baahubali ke-2 dengan sub judul The Conclusion. Ya pujian untuk film ini langsung bertambah. Selain berhasil membangun suasana kolosal begitu epik, ia juga berhasil membuat saya ingin segera menonton part-2 nya. Ya bahkan Red Cliff tidak seperti ini. Padahal ceritanya biasa-biasa aja loh. Hehehe barangkali dampak karena sempat melihat Baahubali sebelah mata. Pokoknya sangat salut dengan keberanian tim produser berinvistasi besar yang membuat Baahubali sebagai film termahal apalagi filmnya masih part 1. Film arahan SS Rajamouli ini hasilnya Memuaskan.

Masih ingat persoalan 2 States? Hehehe Baahubali adalah film dari India Selatan berbahasa Tamil dan Telugu tapi yang saya tonton sudah di dubbing menggunakan bahasa Hindi. Film ini tidak termasuk film Bollywood dan tak heran wajah para pemain semuanya asing. Karena ini termasuk kesan pertama, pokoknya saya sudah termasuk klop dengan para pemain Baahubali meski belum tahu nama-nama mereka siapa saja.

Baahubali The Conclusion akan menceritakan perjalanan Baahubali menjadi Raja sampai harus dikhianati oleh pengawal kepercayaannya sendiri bernama Katappa. Akan diulas lebih lagi menurut klaim sutradaranya termasuk pertemuan Baahubali dengan Devasena. Baik Baahubali dan Siwa diperankan oleh aktor yang sama bernama Prabhas dengan brewok mirip Prabhu Deva (lah kan sama dari Telugu). Lucunya Prabhas menemui pegulat WWE Undertaker agar bisa diberitahu cara membentuk tubuh yang baik hehehe. Di film pertama ada kisah cinta Siwa dan Avantika, ya lumayan sih meski yang greget hanya ketika Siwa tengah mengubah penampilan Avantika.

Mahalnya film ini berasal dari CGI. Anehnya CGI hewan seperti kuda malah terasa sangat nyata dibandingkan CGI berupa anak panah yang sangat tidak meyakinkan. Ah entahlah, kesan terkuat saya terhadap Baahubali menjadi pertanyaan kapan Indonesia membuat film epik kolosal semacam Baahubali?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s