Special Review : MV BEAST – Ribbon

Beast Ribbon Project
Ayo guys, saya mohon dengan sangat untuk banyak streaming MV Ribbon di Youtube. Entah kenapa jumlah viewers ini seakan tidak bertambah hanya stagnan di 3 juta, sungguh sedih sekali T_T

Maafkeun atas keterlambatan ini. Saya sendiri sering lupa untuk membuat review dan sekali ingin membuat review saya malah terhenti begitu saja tanpa selesai. MV Ribbon bagi saya cukup sukar dipahami detail-nya, maka dari itu saya merasa kurang semangat mereview sebab seperti orang bodoh yang coba mengerti tapi tidak mengerti. Sepintas sederhana, garis besar maksud MV ini menunjukkan kepada kita kisah tiap member dengan hubungan diujung tanduk. Namun yang membuat saya sangat tidak memahami MV ini adalah jarum jam Junhyung di ending MV berjalan mundur. Maksudnya apa? Dan syukurlah analisa Dispatch yang jenius sangat menolong saya memahami MV Ribbon. Jadi mari coba membahas kisah OT5 satu per satu.

1. Lupakan sejenak adegan Junhyung menyeret kunci raksasa yang horror itu (cukup sesuaikan dengan persepsi masing-masing). Terlihat Junhyung membanting jam dengan jari-jarinya yang bercincin batu akik. Tak lama kemudian Junhyung memutuskan memperbaiki kembali jam yang telah dirusaknya… DENGAN SUSAH PAYAH. Junhyung berhasil menyelesaikan tugasnya dan adegan misterius berupa jarum jam mundur pun terjadi

2. Di rel kereta yang kosong dan gelap, Gikwang berjalan gontai seakan ketinggalan kereta yang telah membawa pergi pacarnya. Gikwang pun membuka tiap-tiap loker yang berisi benda kenangan hubungan mereka seperti sepatu balet, boneka, miniatur komedi putar dll. Hingga pada satu loker, sebuah tangan keluar dan Gikwang menyematkan sebuah cincin di jari tangan itu. Gikwang pun diberi imbalan berupa mawar gosong (hitam) dan ekspresi muka Gikwang berubah jadi hopeless banget

3. Dongwoon tengah kehilangan kata-kata menjadikannya sangat tidak berdaya. Lantas Dongwoon meluapkan segala-gala tak terucap (merujuk pada kenangan) lewat mobilnya yang dijadikan objek coretan. Ketika dirasa cukup, tanpa menoleh Dongwoon membuang korek ke mobil hingga mobil terbakar. Sebelum itu ada adegan Dongwoon menangis dan terikat pita hitam. Guess what? Menurut penganalisa Dispatch, tidak ada Dongwoon saat adegan kebakaran mobil di-shoot dari atas. Jadi… Iya iya kisahnya Dongwoon termasuk open ending. Maksudnya Dongwoon bisa saja move on dengan membakar habis mobil kenangan atau Dongwoon terbakar habis dalam mobil kenangan itu sendiri alias bunuh diri. AMSYONG!!!!!

4. Yang Yoseob seperti mencari anaknya yang hilang di taman bermain. Wajahnya menunjukkan kekhawatiran berlebih sebab rupanya ia mencari kekasih yang hilang. Yoseob menemukan petunjuk berupa gaun tergantung di wahana komedi putar (lokasinya kayak sama dengan Twice Ooh Aah). Yoseob memutuskan berkeliling mencari lagi namun hasilnya nihil dan putus asa nya ia kian tak terbendung manakala ia melihat sendiri bayangannya di genangan air. Tak lama Yoseob terikat pada pita hitam, raganya lenyap menyisakan pakaiannya bersanding dengan gaun kekasihnya. Sebenarnya saya tidak mengerti kisahnya Yoseob tapi ini yang feelnya paling gelap dan paling horror.

5. Pasti sutradara MV Ribbon sama dengan sutradara MV YeY karena Dujun lagi-lagi diberikan ruang diatas gedung tinggi hingga langit biru melatari adegannya. Dujun coba berfoto pada foto box misterius dan juga mencoba pose tersenyum meski jatuhnya canggung. Tapi pada enam foto yang dihasilkan, semuanya menunjukkan ekspresi murung. Malang baginya maka ia berusaha bebas terbang tanpa sayap dengan terjun dari gedung tinggi.

Tetap saja sih part favorit saya adalah punyanya Dongwoon. MV ini keren juga mengusung tema galau dengan konsep horror. Tapi tetap ketawa lihat dance yang aneh terutama ketika Gikwang memimpin dance gerakan pinggul super geli. Baju dengan kerah tangan (?) panjang barangkali lagi tren jadi lupakan saja keluhan akan baju mereka itu. Mereka lalu kompak pakai jas saat adegan kelimanya mengecil dengan dinding selisih terang dan gelap berhias bulan sabit yang perlahan jadi bulan separuh. OT5 berada di sisi terang/siang dan Ah saya sama sekali tidak paham.

Lalu analisa Dispatch menjawab jarum jam Junhyung yang berputar kembali menunjukkan bahwa Junhyung berhasil mengembalikan waktu yang telah lewat dengan maksud Junhyung berkesempatan memperbaiki hubungannya lagi. Maka dari itu pada pose ending dance Ribbon, hanya Junhyung satu-satunya member yang tidak membelakangi kamera pertanda Junhyung berakhir lebih baik ketimbang empat member lain. LUAR BIASA KAN? AYO NONTON MV RIBBON!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s